Desa Binangun Banjar Realisasikan Pembangunan Fisik dan Peningkatan Kapasitas Aparatur

29/10/2016 0 Comments
Desa Binangun Banjar Realisasikan Pembangunan Fisik dan Peningkatan Kapasitas Aparatur

Pemerintah Desa Binangun saat melaksanakan pembinaan masyarakat desa dengan menggelar kegiatan keagamaan dan rakor perangkat Desa Binangun, pada minggu ke I Bulan Oktober. Photo: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pada tahap ke II pencairan Alokasi Dana Desa (ADD), Pemerintah Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, diperuntukkan bagi pembangunan bidang infrastruktur, pembinaan mental serta peningkatan kapasitas aparatur dan kelembagaan desa.

Saat ditemui Koran HR, Selasa (25/10/2016) pekan lalu, Kepala Desa Binangun, Udung, mengatakan, untuk pembangunan bidang infrastruktur meliputi pemeliharaan jalan lingkungan dan pembuatan kirmir di beberapa titik.

“Pemeliharaan jalan lingkungan diantaranya di Dusun Priagung sepanjang 850 meter, Dusun Pangansinan 750 meter, dan di Dusun Girimulya sepanjang 150 meter. Dalam pelaksanaan pemeliharaan jalan lingkungan Dusun Girimulya sudah selesai, sedangkan di Dusun Pangasinan hampir selesai kira-kira sekitar 75 persen lagi, dan untuk Dusun Priagung juga sedang berjalan penggarapannya,” terang Udung.

Kemudian, untuk pembuatan kirmir saluran air di pinggir jalan lingkungan sepanjang 500 meter dilaksanakan di Dusun Pangasinan, Dusun Priagung dan Dusun Girimulya. Dalam pelaksanaan kerja, baik jalan maupun pembuatan kirmir, Pemerintah Desa Binangun melibatkan partisipasi masyarakat secara gotong-royong.

“Masyarakat diharapkan terlibat langsung untuk mengawasi dalam pelaksanaannya, baik itu pemeliharaan jalan dan membuat kirmir, sehingga bisa terus memantau bagaimana pelaksanaan pekerjaan yang sedang berjalan, agar kualitas pekerjaannya sesuai yang diharapkan oleh masyarakat,” katanya.

Selain itu, pada tanggal 19-20 Oktober 2016, pihaknya juga telah melaksanakan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah dan lembaga desa, bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja BPMD Yogyakarta, yang difasilitasi oleh Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Desa, Kesatuan Bangsa dan Politik (PMPDKBPol) Kota Banjar.

Pembinaan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan sekaligus meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintah Desa Binangun, agar dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat bisa optimal.

Selanjutnya, untuk pembinaan internal, Pemerintah Desa Binangun melaksanakan pembinaan aparatur desa setiap hari Jum’at minggu ke I dan II, yang dilaksanakan oleh pembina desa dan MUI.

“Dan, setiap hari Kamis, Desa Binangun juga akan ada penyuluhan dan pembinaan yang akan dilaksanakan di aula desa, dengan pemateri dari Kejaksaan, Polres dan Kabag Hukum Setda Kota Banjar,” pungkas Udung. (AM/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!