Desa Purba Ini Jadi Monumen Prasejarah Paling Menakjubkan di Eropa

24/10/2016 0 Comments
Desa Purba Ini Jadi Monumen Prasejarah Paling Menakjubkan di Eropa

Reruntuhan desa purba di Skerrabra, Orkney Isles livelovescotland.com.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Berabad-abad lamanya desa purba Skara Brae di Skotlandia, terkubur di bawah tanah. Peninggalan zaman prasejarah itu kini diselimuti gundukan tanah yang berubah menjadi padang heather.

Dilansir dari situs Orkneyjar.com, pada tahun 1850, badai besar menghantam Orkney Isles, Skotlandia, dan mengikis bukit Skerrabra hingga akhirnya menampakkan puing-puing Skara Brae yang tersembunyi di bawahnya.

Munculnya Skara Brae menarik perhatian bangsawan lokal, William Watt dari Skaill. Pada tahun 1868, William Watt kemudian memerintahkan agar dilakukan penggalian terhadap Skerrabra.

Namun, aktivitas penggalian terhenti sampai tahun 1925, di mana kala itu badai besar kembali menghantam Skerrabra, sekaligus menghancurkan puing-puing yang sudah digali.

Dikutip dari BBC, struktur batu di Skara Bae besar kemungkinan dibangun antara tahun 3200-2200 SM. Struktur bangunan yang tersusun dari bebatuan kecil itu dulunya difungsikan sebagai pemukiman, kandang ternak, dan tempat berpesta.

Kini, Skerrabra menjadi salah satu situs kuno di Orkney yang paling sering dikunjungi wisatawan maupun ilmuwan. Bahkan, sejumlah orang menganggap reruntuhan tersebut adalah monumen prasejarah paling menakjubkan di Eropa. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!