Di Ciamis, 500 Meter Nasi Liwet Meriahkan Hari Santri Nasional

22/10/2016 0 Comments
Di Ciamis, 500 Meter Nasi Liwet Meriahkan Hari Santri Nasional

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Ciamis yang ditandai makan nasi liwet sepanjang 500 meter di Alun-alun Ciamis. Photo: Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ribuan santri memadati pusat kota Alun-alun Kabupaten Ciamis dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-2 pada tangggal 22 Oktober 2016. Dengan penuh kebersamaan, ribuan santri yang tergabung dari berbagai pondok pesantren se-Kabupaten Ciamis tersebut menggelar makan nasi liwet sepanjang 500 meter.

KH. Nonop Hanafi, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Bayasari, Jatinagara, Kabupaten Ciamis, mengatakan, makan nasi liwet yang didikuti seluruh santri ini merupakan salah satu ciri khas santri saat berada di pondok pesantren.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan nilai kebersamaan ukhuwah dan persatuan antar santri, sehingga dari makan seperti ini dapat satu kebersamaan dan kekuatan satu sama lainnya,” katanya saat diwawancarai HR Online di Alun-alun Ciamis, Sabtu, (22/10/2016).

Menurutnya, kegiatan seperti ini merupakan moment pertama serta akan terus digelar guna menunjukan bahwa santri berkhidmat untuk negeri. Selain itu, negara tidak boleh melupakan santri, bahwa santri telah memberikan kontribusi dalam rangka berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk kegiatan tahun depan akan dilanjutkan dan lebih variatif, sehingga kegiatan yang akan datang lebih kepada edukatif, rekreatif, dan juga dalam bentuk sosial. Pada tahun yang akan datang kita akan canangkan Santri Peduli Negeri Berseri,” ujarnya.

Sedangkan melalui makan nasi liwet bersama tersebut, lanjutnya, sebagai simbol tidak ada saling berselisih, tidak kenal pesantren dan tidak kenal organisasi massa, semuanya sama, santri. 

“Yang paling harus kita ingat hari ini, yakni apresiasi negara terhadap keberadaan para santri yang merupakan bagian stakeholder dalam pembangunan bangsa Indonesia, serta terbentuknya NKRI.  Dan ini merupakan hari rayanya para santri,”pungkasnya. (Tantan/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!