Disnakan Ciamis Ubah Pesta Patok Jadi Festival Ternak, Ini Alasannya

20/10/2016 0 Comments
Disnakan Ciamis Ubah Pesta Patok Jadi Festival Ternak, Ini Alasannya

Bupati Ciamis saat menghadiri Festival Ternak di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah. Photo: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ajang khusus hewan yang diselenggrakan tiap tahun tingkat Kabupaten Ciamis yang dikenal masyarakat dengan istilah Pesta Patok akan dirubah Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ciamis menjadi Festival Ternak.

Kepala Disnakan Kabupaten Ciamis, Sutriaman, A,Pi., mengatakan istilah Pesta Patok sebenarnya memiliki keterbatasan pada hewan ternak yang ditampilkan, yakni hewan yang memiliki patok. Sedang untuk Festival Ternak, ia mengartikan lebih luas dan tidak terbatas pada hewan yang memiliki patok.

“Festival Ternak lebih luas cakupannya, yakni kini sudah mulai menghadirkan hewan unggulan Kabupaten Ciamis seperti hewan ternak sapi, ayam sentul sebagai ayam khas Ciamis, bebek, kelinci, kerbau dan hewan ternak lainnya,” katanya kepada HR Online, Rabu (19/10/2016).

Selain pameran hewan ternak unggulan Kabupaten Ciamis, lanjutnya, dalam ajang tersebut juga ditampilkan berbagai macam olahan makanan yang terbuat dari hasil peternakan seperti seperti telur asin, yogurt, baso dan hasil olahan lainnya.

“Acara ini  merupakan bagian dari upaya-upaya untuk melestarikan dan memberdayakan masyarakat, khususnya di,sektor peternakan dan perikanan,” tutupnya. (Heri/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!