Dorong Sineas Muda Ciamis, Ratusan Pelajar Ikuti Screening FFJB

14/10/2016 0 Comments
Dorong Sineas Muda Ciamis, Ratusan Pelajar Ikuti Screening FFJB

Kabid Kebudayaan Disdikbud Ciamis saat memberikan sambutan pada acara screening FFJB 20016, di Hotel Tyra Plaza. Photo : Heri Herdianto/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk  merangsang sineas-sineas muda dan memunculkan kecintaan terhadap dunia perfilman dan cinematografi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis Screening Festival Film Jawa Barat tahun 2016, di Hotel Tyra Plaza, Selasa (11/10/2016) lalu. Screening FFJB tersebut diikuti sekitar 150 pelajar SMA.

Kasi Seni Kontemporer dan Perfilman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Edi Sus, mengungkapkan bahwa Screening Film Festival Jawa Barat 2016 digelar untuk menggelorakan kembali sineas muda untuk berkompetisi.

Menurut Edi, tema yang diambil dalam Screening FFJB 2016 adalah “Kebebasan Menembus Batas”.  Screaning tersebut diselenggarakan dalam rangka penjaringan karya seni film (short movie dan video musik) yang ada di seluruh daerah.

Siswa SMAN 2 Ciamis, Andi Ramadan, mengatakan, Screening Festival Seni Jawa Barat 2016 sangat bermanfaat bagi siswa yang ingin mendalami bidang perfilman dan cinematografi.

“Saya sangat tertarik dengan seni perfilman dan cinematografi. Jadi istilahnya Screening film dari Jabar ini adalah moment berharga yang tidak mungkin saya lewatkan. Terlebih seni perfilman termasuk bidang yang cukup sulit untuk dipelajari,” katanya.

Kasi Kesenian dan Perfilman Disdikbud Kabupaten Ciamis, Dedi Koesmana, mengaku sudah mengundang sekitar 150 siswa untuk mengikuti kegiatan Screening FFJB 2016. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengundang sanggar-sanggar seni perfilman yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Screening ini sangat penting untung merangsang sineas-sineas muda yang ada di daerah. Proses berkreasi dalam berkesenian memang perlu dukungan dari semua pihak. Maka dari itu mari kita dukung bersama proses seni agar creativitas seni di Ciamis bisa berkembang pesat, terutama di bidang perfilman, karena ini termasuk salah satu langkah pelestarian Budaya,” tegasnya. (Heri/Koran HR)

Berita Terkait

Genjot Potensi Pegiat Film, FFJB Hadir di Ciamis

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!