Gara-gara Tak Beritahu Desa, Program Sabermas di Cipaku Ciamis Disoal

28/10/2016 0 Comments
Gara-gara Tak Beritahu Desa, Program Sabermas di Cipaku Ciamis Disoal

Salah satu bangunan dari Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sabermas) di Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, yang disoal. Photo: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sabermas) di Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, disoal. Pasalnya, program dengan dana fantastis tersebut terkesan kurang tepat sasaran dan dimonopoli oleh pihak ketiga.

Kasi Pemerintahan Desa Gereba, Eka DK Harsamunato, ketika ditemui Koran HR, beberapa waktu lalu, membenarkan bahwa pengerjaan program Sabermas dilaksanakan oleh pihak ketiga.

Namun, kata Eka, sejak pekerjaan dimulai pihak ketiga belum menyampaikan surat pemberitahuan (SPK) kepada pemeritah desa. Padahal, sebelum pelaksanaan pekerjaan digarap biasanya pihak ketiga menyampaikan surat pemberitahuan tentang pengerjaan program tersebut.

Warga yang enggan disebutkan namanya, mengamini, program Sabermas kurang disosialisasikan kepada penerima manfaat. Selain tidak banyak warga yang mengetahuinya, Sabermas itu dibangun di lingkungan sekolahan.

Padahal, kata dia, program Sabermas merupakan paradigma baru untuk mewujudkan sanitasi yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan perubahan prilaku. Menurut dia, program tersebut harus pro rakyat bawah.

Menurut dia, program tersebut kini jadi sia-sia. Sejatinya, Sabermas direalisasikan untuk mengurangi prilaku masyarakat membuang hajat di sungai atau di tempat yang tidak layak.

Kepala Desa Gereba, Icih Hendarsih, ketika ditemui Koran HR, minggu lalu, mengatakan, bantuan program Sabermas berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan nilai anggaran sebesar Rp. 500 juta.

“Sampai saat ini pemerintah desa belum menerima surat pemberitahuan tentang pengerjaan program tersebut. Kami terkadang bingung saat ada yang bertanya kapan pengerjaan program Sabernas dimulai,” katanya. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!