Hasil Tangkapan Ikan Anjlok, Anggaran Syukuran Nelayan Pangandaran Menurun

17/10/2016 0 Comments
Hasil Tangkapan Ikan Anjlok, Anggaran Syukuran Nelayan Pangandaran Menurun

Kegiatan syukuran nelayan Kecamatan Parigi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Karangjaladri, Kabupaten Pangandaran. Photo: Asep Kartiwa/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Akibat cuaca buruk di Pangandaran bukan hanya menyebabkan berbagai bencana, namun penghasilan para nelayan pun juga ikut menurun. Selain itu, hal tersebut juga mempengaruhi syukuran nelayan yang diadakan setiap tahun.

Ketua Rukun Nelayan Kecamatan Parigi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Karangjaladri, Usin, mengatakan, dalam syukuran nelayan tahun 2016 tidak meriah seperti tahun sebelumnya. Pasalnya, Raman (omset) yang dihasilkan dalam waktu 1 tahun hanya mencapai Rp. 4,7 Miliyar, sedangkan pada tahun 2015 mencapai Rp. 10 Miliyar.

“Semua hasil tangkapan nelayan diuangkan yang dikali dengan 0,5. Maka hasil tersebut merupakan anggaran khusus syukuran,” ujarnya kepada HR Online di sela-sela kegiatan syukuran nelayan Karangjaladri, Senin (17/10/2016).

Meskipun tidak meriah seperti tahun 2015, kata dia, namun pada kesempatan syukuran nelayan tahun ini menyajikan hiburan Ronggeng. Sementara itu, Pemkab Pangandaran melalui Dinas Kelautan Pertanian dan Kehutanan (KPK) dan Dinas Pariwisata juga turut membantu menyukseskan hajat tahunan nelayan Karangjaladri.

“Acara berlangsung selama 2 hari, nah sekarang yang terakhir. Mudah-mudahan tangkapan ikan lebih melimpah pada musim kemarau nanti dan acara syukuran lebih meriah lagi,” pungkasnya. (Askar/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!