Hati-hati! Konsumsi Kafein Berlebih Bisa Menyebabkan Kerusakan Otak

31/10/2016 1 Comment
Hati-hati! Konsumsi Kafein Berlebih Bisa Menyebabkan Kerusakan Otak

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Ketika masuk ke dalam tubuh, kafein mampu mengaktifkan hormon adrenal yang bisa membuat seseorang jadi lebih berenergi. Meski begitu, namun sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kafein berlebihan dapat membahayakan tubuh.

Karena, hormon adrenal akan terus bekerja dan membuat detak jantung lebih cepat serta mengakibatkan insomnia.

Seperti dilansir dari boldsky.com, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minuman tinggi kafein ternyata bisa menyebabkan kerusakan otak. Penelitian dari Purdue University ini menemukan, mengkonsumsi minuman berkafein dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan perubahan neurokimia di otak tikus yang menjadi bahan percobaannya. Tikus tersebut menjadi lebih agresif seperti saat mengkonsumsi kokain atau morfin.

Peneliti dari Purdue University, Richard van Rijn, mengatakan, hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan kenapa mereka yang terlalu sering minum kopi sulit untuk sembuh dari kecanduan.

“Efek kafein terlalu banyak mampu menimbulkan efek kecanduan, yang selanjutnya bisa membahayakan dan menyebabkan kerusakan otak,” terang Richard van Rijn. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply