Hebat, Wayang Asli Ciamis Ikuti Pertunjukan Tingkat Jabar

24/10/2016 0 Comments
Hebat, Wayang Asli Ciamis Ikuti Pertunjukan Tingkat Jabar

Kepala Seksi Pembinaan Kesenian dan Perfilman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis, H. Dedi Koesmana. Photo: Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kesenian wayang asli Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam Binojakrama Padalarang Ciamis mengikuti pertunjukan Wayang Binojakrama Padalarang se-Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Cianjur pada Senin (24/10/2016).

Kepala Seksi Pembinaan Kesenian dan Perfilman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis, H. Dedi Koesmana, mengatakan, pada  pertunjukan Wayang Binojakrama Padalarang se-Jawa Barat tersebut tim kesenian asli Kabupaten Ciamis akan berusaha tampil secara maksimal.

“Saya sangat optimis tim Binojakrama Padalarang asal Kabupaten Ciamis dapat menampilkan terbaiknya,” katanya saat berkunjung ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Senin (24/10/2016).

Pria yang akrab di panggil Deni Unay tersebut menambahkan, pagelaran seni wayang yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat tersebut akan memperebutkan beberapa nominasi penghargaan, diantaranya nominasi Dalang, Sinden, Rebab, Kendang dan Bonang.

“Tim Binojakrama Padalarang Ciamis yang dipimpin oleh Ki Dalang Nandang asal Desa Tambaksari, Kecamatan Rancah, merupakan salah satu dalang muda dan para pemain lainnya pun masih tergolong muda yang memang sangat jarang dimiliki oleh daerah manapun,” tambahnya.

Ia berharap, dalam keikutsertaan Kabupaten Ciamis dalam pertunjukan seni wayang tersebut dapat menjadikan sarana untuk melestarikan kesenian dan Budaya Sunda, khususnya dalam seni Wayang Golek.

“Kedepannya, kami berharap besar seni wayang dapat disukai kalangan anak muda dan mudah-mudahan semua nominasi yang akan diperebutkan Wayang Golek Binojakrama Padalarang se-Jawa Barat bisa menjadi juara sesuai dengan harapan,” tutupnya. (Tantan/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!