Jalur Evakuasi Longsor di Mekarbuana Ciamis Rusak Parah

09/10/2016 0 Comments
Jalur Evakuasi Longsor di Mekarbuana Ciamis Rusak Parah

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jalur evakuasi bahaya bencana longsor di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, kondisinya rusak parah. Warga khawatir kondisi itu akan menghambat evakuasi jika terjadi bencana longsor.  Jalur yang dulunya berupa jalan aspal itu kini tinggal batu-batu dan berlubang.

Yusep, warga RT 02 RW 07, Dusun Cogreg, ketika ditemui Koran HR, Senin (03/10/2016) pekan lalu, mengatakan, jalur evakuasi adalah jalur khusus yang menghubungkan ke area aman.

Dalam menunjang keamanan dan kenyamanan, kata yusep, maka perbaikan jalan sangat penting. Hal itu mengingat kondisi jalan yang rusak parah akan menyulitkan ketika sewaktu-waktu dilakukan evakuasi.

Kepala Desa Mekarbuana, Amin, ketika ditemui Koran HR, Senin (03/10/2016) lalu, di ruang kerjanya, membenarkan, saat ini jalur evakuasi sekitar 2 kilometer, mulai dari jalan Dusun Kalapa sampai Dusun Cimaneum, keberadaannya rusak.

Menurut Amin, kerusakan disebabkan akibat banyaknya kendaraan yang melewati jalur tersebut. Menyikapi adanya kemungkinan terjadinya longsor pihak Pemerintah desa akan secepatnya memperbaiki jalan tersebut.

Senada dengan itu, Kaur Ekbang Desa Mekarbuana, Anda Lesmana, mengatakan, bencana longsor tahun 2014 mengakibatkan dua rumah warga mengalami rusak berat karena tertimbun dan 13 rumah lainnya terancam.

Amin menambahkan, pihak desa telah membuat jalur evakuasi terintegrasi antar dusun maupun desa, menuju titik aman yang dibutuhkan warga yang tinggal di area bahaya longsor.

“Dusun Cogreg dan Dusun Kalapa masih menyimpan potensi bahaya cukup besar, sehingga akses penyelamatan harus diprioritaskan. Bukan hanya memudahkan evakuasi, namun, kegiatan warga di sektor pertanian akan terbantu,” katanya. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!