Jembatan Putrapinggan Amblas, Menuju Pangandaran Harus Lewat Cigayam

09/10/2016 1 Comment
Jembatan Putrapinggan Amblas, Menuju Pangandaran Harus Lewat Cigayam

Jembatan Putrapinggan yang berada di perbatasan Kecamatan Kalipucang- Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, amblas dan nyaris ambruk setelah tergerus banjir bandang yang terjadi sejak sore tadi, Minggu (09/10/2016) sore. Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Akibat jembatan Putrapinggan yang berada di perbatasan Kecamatan Kalipucang- Kecamatan Pangandaran atau tepatnya di dekat Gardu PLN Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, amblas dan nyaris ambruk setelah tergerus banjir bandang yang terjadi sore tadi, Minggu (09/10/2016) sore, membuat arus lalu lintas kendaraan menuju Pangandaran lumpuh. Pasalnya, jembatan tersebut merupakan satu-satunya dari Kecamatan Kalipucang yang menghubungkan ke Kecamatan Pangandaran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan, amblasnya jembatan putrapinggan, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan, memang menganggu aktivitas warga yang hendak menuju Pangandaran ataupun sebaliknya. Karena, kata dia, di dekat jembatan tersebut, tidak ada lagi akses jembatan lain yang bisa menghubungkan ke Kecamatan Pangandaran. [Berita terkait: Jembatan Putrapinggan Amblas, Akses Menuju Pangandaran Terputus Total]

“Daerah perbatasan Kalipucang-Pangandaran terhalang oleh sungai. Sementara akses jembatan di daerah itu hanya satu-satunya atau hanya di dekat Gardu PLN. Makanya, kendaraan dari Pangandaran atau sebaliknya terpaksa harus bertahan,” katanya.

Nana mengatakan, apabila ingin masuk atau keluar dari Pangandaran, kendaraan harus memutar arah menggunakan jalur Panglengeseran- Cigayam yang menempuh rute dari Panglengseran menuju Cintaratu- Selasari- Bangunkarya, Bungur-Kalijaya dan keluar melalui daerah Cigayam Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis atau sebaliknya. “Hanya akses itu yang bisa dilewati untuk keluar dan menuju Pangandaran. Tapi itu pun harus melalui Parigi. Dan jaraknya lumayan jauh,” katanya. (Tantan/R2/HR-Online)  

Berita Terkait

Amblas, Pemkab Pangandaran Segera Bangun Jembatan Bailey di Ciputrapinggan

Akses Parigi- Cigugur Pangandaran Terendam Banjir, Kendaraan Tak Bisa Lewat

Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran Amblas, Banyak Pengendara Menginap

BPBD Pangandaran Sebut Banjir Akibat Kontur Tanah Rendah

Akses ke Pangandaran Ditutup, Pedagang Pasar Khawatir Harga Barang Melonjak

About author

Related articles

1 Comment

  1. Gusrus October 10, at 09:00

    Jalannya hancur pisan cuma jalan cikohkol banjarsari yang hotmik

    Reply

Leave a Reply