Kotoran dan Lumpur Ancam Kesehatan Korban Banjir di Ciamis

13/10/2016 0 Comments
Kotoran dan Lumpur Ancam Kesehatan Korban Banjir di Ciamis

Banjir bandang yang merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Banjarsari, Banjaranyar dan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Minggu (09/10/2016) lalu. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pasca terjadi banjir bandang yang merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Banjarsari, Banjaranyar dan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Minggu (09/10/2016) lalu, kini menyisakan kotoran sampah dan lumpur. Kesehatan masyarakat yang terkena dampak banjir pun kini terancam.

Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin, saat meninjau lokasi banjir di Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Selasa (11/10/2016), mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, BPBD dan Dinas Sosial agar segera melakukan penanganan. Menurutnya, dari hasil pantauan di lokasi banjir bahwa hampir seluruh rumah yang terkena dampak dipenuhi lumpur dan kotoran sampah.

“Kita akan bantu masyarakat yang terkena dampak dengan menurunkan petugas dari BPBD dan petugas kesehatan dari puskesmas untuk menanggulangi kotoran sisa banjir agar tidak menimbulkan penyakit. Nanti saya akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan agar dilakukan fogging di lokasi banjir dan memberikan bantuan kaporit untuk membersihkan sumur warga yang tercampur kotoran banjir,” ujarnya.

Oih menambahkan, dampak kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan dari banjir memang tidak begitu parah, namun dia mengkhawatirkan dampak lingkungan yang terjadi pasca banjir.

“Meski tidak menimbulkan dampak kerusakan fisik yang terlalu parah, namun banjir sempat merendam rumah warga dan kini meninggalkan kotoran dan lumpur. Artinya, perlu penanganan serius agar nantinya sisa kotoran banjir ini tidak menimbulkan penyakit,” katanya. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!