Kurangi Angka Kecelakaan, Dishub dan Polda Jabar Gelar Razia di Ciamis

06/10/2016 0 Comments
Kurangi Angka Kecelakaan, Dishub dan Polda Jabar Gelar Razia di Ciamis

Puluhan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polisi Daerah (Polda) Provinsi Jawa Barat melakukan razia operasi gabungan di Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis, Rabu (5/10/2016). Photo: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polisi Daerah (Polda) Provinsi Jawa Barat menggelar razia operasi gabungan yang digelar di Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis, Rabu (5/10/2016), dalam rangka meminimalisir angka kecelakaan dengan menyasar umum dan kendaraan angkutan barang.

Kasie Pergerakan Transportasi (POT) Dishub Jabar, Iwan Sofyan, mengatakan, razia tersebut sesungguhnya untuk meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan supaya mengikuti uji petik selama 6 bulan sekali.

“Banyaknya angka kecelakaan di jalan raya salah satunya disebabkan kendaraan yang bermasalah seperti rem blong. Selain itu, kendaraan barang yang muatannya melebihi tonase juga menjadi penyebabnya. Makanya perlu pengawasan intensif,” ujarnya kepada HR Online.

Razia Dishub yang memfokuskan pada kelayakan jalan mobil seperti kondisi body, lampu, ban, rem, dan surat kelengkapan, lanjutnya, ia berharap rasa aman bagi pengendara mobil maupun pengguna jalan bisa tercipta.

“Angkutan umum atau angkutan barang yang tidak layak jalan serta tidak melaksanakan kewajibannya untuk uji KIR, maka kami tindak tegas,” katanya.

Sementara itu,  Kasi Turjawali Ditlantas Polda Jabar, Kompol H Rohendy, menyampaikan bahwa pihaknya dalam razia tersebut membantu Dishub mengamankan kendaraan yang tidak layak jalan.

“Bagi kendaraan yang tidak layak jalan diserahkan ke Dishub, sedangkan kami memeriksa SIM-STNK, kalau ada pelanggaran maka ditilang,” ucapnya.

Dari pantauan HR Online, Dishub Jabar serta Polda Jabar dalam operasi tersebut melibatkan personil dari Dishub serta Polres Kabupaten Ciamis. Sementara itu, satu-persatu mobil yang melintas diberhentikan oleh petugas untuk di cek kelengkapan berkendara serta kelayakan kendaraan. (Heri/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!