Panawangan Ciamis Rawan Bencana, Keberadaan KTBDT Merana

05/10/2016 0 Comments
Panawangan Ciamis Rawan Bencana, Keberadaan KTBDT Merana

Rumah penyandang disabilitas, Suhana (63), warga Dusun Citundun, RT 02 RW 05, Desa Gardujaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk.  Photo : Tantan Mulyana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pasca robohnya rumah Suhana (63), salah satu warga Dusun Citundun, Desa Gardujaya, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Minggu (2/10/2016) lalu, membuat sejumlah elemen masyarakat iba melihat kejadian yang menimpa pasangan suami istri (Pasutri) yang merupakan salah satu penyandang disabilitas.

Ketua Kader Tanggap Bencana Desa Tangguh (KTBDT) Kecamatan Panawangan, Nenden, mengatakan, wilayah Panawangan merupakan salah satu zona rawan longsor di Kabupaten Ciamis. Namun, keberadaan KTBDT saat ini belum bekerjasama dengan pemerintah khususnya pemerintah desa.

“Pemerintah desa harus bisa melihat kapasitas KTBDT saat ini. Soalnya daerah Panawangan merupakan salah satu zona rawan longsor,” katanya kepada HR Online, Rabu (5/10/2016).

Menurutnya, berdasarkan korban yang merupakan penyandang disabilitas termasuk kelompok yang sangat rentan, baik segi ekonomi, sosial serta wilayah yang rentan bencana alam. Makanya perlu didorong dengan bantuan dari pemerintah.

“Apabila penyandang disabilitas bisa berdampingan dengan pemerintah, kita akan dorong untuk lebih mandiri dengan ilmu yang kita miliki. Pasalnya tidak sedikit penyandang disabilitas dapat membantu dalam segala bidang, terutama sebagai motivator di kelompoknya, ” pungkasnya. (Tantan/R6/HR-Online)   

Berita Terkait

Rumah Warga Ciamis Hancur Tersapu Angin dan Hujan

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!