Pelebaran Jalan di Banjar, Puluhan Pohon Ditebang

06/10/2016 0 Comments
Pelebaran Jalan di Banjar, Puluhan Pohon Ditebang

Lokasi penebangan pohon di jalan irigasi, tepatnya dari jalan perampatan Pasar Muktisari hingga perbatasan Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari dengan Citamiang-Jawa Tengah. Photo: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Puluhan pohon di sepanjang jalan irigasi, tepatnya dari jalan perampatan Pasar Muktisari hingga perbatasan Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari dengan Citamiang-Jawa Tengah, sejak beberapa hari terakhir ini dilakukan penebangan oleh pihak pemenang tender proyek pelebaran jalan.

Informasi yang dihimpun Koran HR di lapangan, penebangan pohon dikerjakan oleh Karang Taruna Sangga Bhakti Desa Waringinsari atas kepercayaan yang diberikan pihak pemenang tender, dengan mendapatkan biaya operasional sebesar Rp.25 juta ditambah dari hasil penebangan berupa kayu yang kecil atau bagian rantingnya.

Dikonfirmasi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Banjar, Edi Djatmiko, selaku OPD teknisnya, membenarkan, bahwa pihak ketiga atau CV dari pemenang tender proyek pelebaran jalan, menyerahkan mengerjakan penebangan pohon kepada Karang Taruna desa setempat.

“Karang Taruna itu sifatnya membantu pihak CV, sekaligus ikut mengamankan kegiatan. Sedangkan, mengenai biaya operasionalnya saya tidak tahu. Tapi kayu rantingnya menjadi hasil atau milik Karang Taruna. Untuk gelondongan kayu yang besar menjadi aset Pemkot Banjar,” terang Edi, kepada Koran HR, Selasa (04/10/2016) lalu.

Saat dikonfirmasi terkait kebenarnnya soal gelondongan kayu yang besar itu adalah aset pemkot. Pasalnya beredar kabar itu adalah aset milik PSDA Pemprov Jabar. Namun, Edi menjawab bahwa hal itu sudah diserahkan pemprov kepada pemkot.

Sedangkan, mengenai gelondongan kayu hasil penebangan pohon pada proyek pelebaran jalan yang kini masih dibiarkan tergeletak di halaman kantor DPU, Edi menegaskan hal itu dikumpulkan dulu dengan hasil yang sekarang, dan selanjutnya akan diserahkan kepada DPPKAD Kota Banjar untuk dilakukan lelang. (Nanks/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!