Pembangunan Jalan Pemukiman Prioritas Pemdes Langensari Banjar

30/10/2016 1 Comment
Pembangunan Jalan Pemukiman Prioritas Pemdes Langensari Banjar

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, terus melaksanakan percepatan pembangunan jalan pemukiman atau lingkungan sebagai bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), dan juga menjadi prioritas dalam penggunaan bantuan keuangan desa tahun anggaran 2016.

“Penggunaan bantuan keuangan yang diprioritas pada pembangunan dan pemeliharaan jalan pemukiman itu juga sebagaimana dituangkan dalam APBDes 2016,” kata Kepala Desa Langensari, Yanti, saat ditemui Koran HR, di kantornya, Selasa (25/10/2016) lalu.

Dia menyebutkan, bahwa pekerjaan prioritas tersebut sudah ada beberapa titik lokasi yang diselesaikan melalui anggaran pencairan tahap pertama. Kemudian masih akan dilanjut dalam pencairan keuangan tahap dua dan tiga pada titik lokasi lainnya. Termasuk pekerjaan fisik lainnya, yaitu pembangunan dan pemeliharaan saluran irigasi.

“Jadi secara keseluruhan dengan bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dari penggunaan keuangan pencairan tahap I sudah terealisasikan sebesar 1,7 miliar rupiah,” terangnya.

Siti juga menjelaskan, pencairan tahap I senilai Rp.1,7 miliar itu berasal dari ADD Rp.1,13 miliar, Dana Desa Rp.533 juta, Bagi Hasil Pajak Daerah (BHPD) Rp.19 juta, dan Bagi Hasil Retribusi Daerah (BHRD) Rp.14 juta.

Di tempat yang sama, Sekretaris Desa Langensari, Dadang, menambahkan, pembangunan dan pemeliharaan jalan pemukiman menjadi fokus utama kegiatan yang dilakukan secara bertahap, karena menjadi faktor pendorong dalam memajukan ekonomi serta kelancaran aktivitas warga.

“Setelah pencairan tahap I mampu direalisasikan, selanjutnya saat ini kami sedang menyiapkan pencairan tahap II. Penggunaannya tentu sama prioritasnya untuk pembangunan fisik tersebut,” katanya.

Dari total rencana pencairan tahap II sebesar Rp.1,5 miliar, sekitar Rp.1 miliar untuk pembangunan fisik. Sementara, nilai Rp.1,5 miliar itu berasal dari ADD Rp.1,12 miliar, DD Rp.355 juta, BHPD Rp.18 juta, dan BHRD Rp.14 juta.

“Selanjutnya kedepan untuk pencairan tahap III yaitu sebesar Rp.584 juta, diantaranya dari ADD 564 juta rupiah, BHPD 11 juta rupiah, dan BHRD 9 juta rupiah. Jadi kesemuanya sebagaimana total bantuan keuangan yang diterima Desa Langensari tahun 2016 ini yaitu sebesar 3,8 miliar rupiah,” pungkas Dadang. (Nanks/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply