Pembangunan Kantor Desa Mekarbuana Ciamis Terbengkalai

23/10/2016 1 Comment
Pembangunan Kantor Desa Mekarbuana Ciamis Terbengkalai

Pembangunan Kantor Pemerintah Desa Mekarbuana Terbengkalai. Warga mendesak pembangunan itu segera diselesaikan. Photo : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pembangunan Kantor atau Balai Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, terbengkalai. Proses pengerjaan pembangunan kantor tersebut belum bisa dilanjutkan karena terbentur biaya.

Husen, warga RT 04 RW 02, Dusun Kalapa, ketika ditemui Koran HR, Selasa (18/10/2016) pekan lalu, mengungkapkan bahwa pembangunan Gedung Balai Desa dimulai pada tahun 2015. Tapi sampai saat ini pembangunan belum juga selesai.

“Tidak ada lagi aktifitas pengerjaan. Dengan kata lain, proses pembangunan gedung terbengkalai. Padahal warga selama ini mendambakan adanya balai desa yang representatif,” katanya.

Senada dengan itu, Adang, warga lainnya, ketika dimintai tanggapan, menuturkan, sudah bertahun-tahun Pemerintah Desa Mekarbuana menempati rumah sewaan. Rumah sewaan itu kemudian dijadikan kantor sementara. Sayangnya, rumah sewaan itupun kini kondisinya sudah lapuk dan tidak layak digunakan.

“Sementara balai desa belum rampung, baru terpasang batu bata saja. Karena kondisi rumah sewaan sudah tidak layak, semestinya gedung balai desa secepatnya diselesaikan,” katanya.

Kepala Desa Mekarbuana, Amin, didampingi Kasi Ekbang, Anda Lesmana, membenarkan, pembangunan balai desa terbentur masalah biaya. Menurut dia, awal perencanaan pembangunan itu menelan biaya sebesar Rp. 365 juta.

“Pembangunannya didanai dari bantuan anggaran provinsi dan DAK. Sedangkan anggaran yang terealisasi hanya Rp. 125 juta. Terlebih saat ini rumah yang kami sewa untuk kantor sementara kondisinya sudah rusak parah,” katanya.

Menurut Anda, pihaknya belum bisa berbuat banyak untuk menyelesaikan pembangunan balai desa. Sebab, alokasi dana desa (ADD) ataupun Dana Desa (DD) tidak bisa dialokasikan untuk pembangunan balai desa. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply