Pemerintah Ciamis Berkepentingan, Gerakan PKK Harus Tumbuh dan Berkembang

25/10/2016 0 Comments
Pemerintah Ciamis Berkepentingan, Gerakan PKK Harus Tumbuh dan Berkembang

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, saat memberikan sambutan. Photo: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, ditunjuk sebagai lokasi dilaksanakannya recheking 10 Program Pokok PKK dan lima rangkaian mata lomba yang dilaksanakan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016.

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, Senin (17/10/2016) pekan lalu, mengatakan bahwa Penggerak PKK dengan 10 program pokoknya telah melakukan banyak hal. Dan hasilnya telah dirasakan oleh masyarakat banyak.

PKK berperan dalam berbagai program, diantaranya peningkatan ketahanan keluarga dan ketahanan pangan, peningkatan pendapatan keluarga, peningkatan pendidikan keluarga, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan kualitas kesehatan dan KB.

Iing menuturkan, program PKK yang dimaksud adalah penghayatan dan pengamalan Pancasila, sandang, pangan, perumahan dan tata laksana rumah tangga, kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, gotong-royong, pendidikan dan keterampilan, perencanaan sehat dan pengembangan kehidupan berkoperasi.

Sebagai mitra pemerintah, kata Iing, PKK dilaksanakan oleh para pengurus PKK yang bekerja melalui pendekatan kekeluargaan. PKK juga menumbuhkan rasa kepedulian dan kebersamaan para ibu-ibu melalui kegiatan pembinaan, bimbingan teknis maupun perlombaan.

Pada kesempatan itu, Iing bersyukur karena 10 program pokok PKK dan 4 lomba dari 5 lomba masuk untuk recheking. Diantaranya yaitu Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pemberdayaan (PKK), dan Pemanfaatan Toga.

Ketua Tim Recheking 10 Program Pokok PKK, Dewi K, mengatakan, pihaknya mengajak kepada setiap jajaran TP PKK untuk tetap memelihara komitmen dan terus berupaya memberikan serta meningkatkan kontribusi terhadap upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dewi menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki kepentingan dan perhatian yang sangat besar dalam memfasilitasi serta mendorong Gerakan PKK agar terus tumbuh dan berkembang. Dengan begitu, PKK mampu memberikan kontribusi dalam menyukseskan program-program pembangunan, baik di daerah ataupun kabupaten itu sendiri.

“Tidak semua program dan kegiatan yang diterapkan Pemerintah Daerah akan berjalan sendiri, melainkan akan lebih efektif apabila dilaksanakan melalui dukungan dan membangun kerjasama dengan PKK. Keberadaan dan kiprah PKK sangat dibutuhkan, terlebih-lebih ketika kita dihadapkan pada dinamika masalah dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara simultan,” katanya.

Kehadiran PKK, kata Dewi, telah teruji keberadaannya dan memberikan harapan besar bagi bemerintah daerah bahkan ke pemerintahan provinsi untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!