Pilih Ketua dan Kepengurusan Baru, PWI Ciamis Akan Gelar Konferwil

04/10/2016 0 Comments
Pilih Ketua dan Kepengurusan Baru, PWI Ciamis Akan Gelar Konferwil

Logo PWI. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Ciamis yang membawahi Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, akan menggelar Konferensi Wilayah yang sedianya akan digelar di Hotel The Priangan Ciamis, Kamis (06/10/2016) mendatang. 

Ketua Panitia Konferwil PWI Ciamis, Deni Hamdani, mengungkapkan, PWI Perwakilan Ciamis hingga periode ini masih membawahi wilayah Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Hal itu dikarenakan pembentukan perwakilan baru untuk Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran masih terbentur dengan persyaratan jumlah anggota. Karena dalam satu parwakilan PWI minimalnya harus diisi oleh 5 anggota biasa yang sudah mendapat legalitas kelulusan dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Makanya, dalam konferensi saat ini, kami akan mengamanatkan kepada kepengurusan baru untuk membentuk kordinator wilayah Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Hal itu sebagai salah satu persiapan pembentukan perwakilan baru di dua daerah tersebut,” katanya, kepada HR Online, Selasa (04/10/2016).

Sementara itu, terkait nama kandidat ketua PWI Perwakilan Ciamis yang akan maju di Konferensi PWI Ciamis, menurut Deni, secara formil belum bisa ditentukan. Namun dilihat dari kapasitas dan status keanggotaan yang memenuhi syarat menjadi calon ketua ada beberapa nama, antara lain Anjar Asmara dari Galamedia yang saat ini masih berstatus sebagai ketua, Muhammad Abdul Haris dari Kabar Priangan, Subagja Hamara dari Harapan Rakyat, Nurhandoko Wiyoso dari Pikiran Rakyat.

“Meski sudah muncul wacana aklamasi dan mengarah kepada Anjar Asmara untuk mimpin kembali PWI Ciamis, itu belum pasti. Sebab dalam berorganisasi penuh dengan dinamika. Selain itu, pencalonan dilakukan pada saat pleno konferwil. Maka nama calon ketua akan muncul pada saat sidang pleno penjaringan calon,” ujarnya.

Deni menambahkan, penentuan siapa calon ketua terpilih, tentunya ditentukan pada komunikasi masing-masing calon. Apabila calon ketua bisa membangun komunikasi yang bagus dengan seluruh anggota PWI, maka dipastikan Ia akan mendulang dukungan dan berpeluang menjadi ketua terpilih.

Sementara itu, Anggota PWI Ciamis, Yuyun Gunawan, mengatakan, di tubuh PWI Ciamis sudah saatnya terjadi regenerasi dengan muncul calon baru yang berani tampil beda untuk membawa PWI Ciamis kedepan lebih baik.

“Apalagi PWI Perwakilan Ciamis membawahi tiga kabupaten/kota, tentunya pekerjaan ketua terpilih sangat berat. Karena wartawan di tiga daerah, yaitu Ciamis, Banjar dan Pangandaran memiliki karakter masing-masing yang berbeda. Jadi seorang ketua harus bisa menyatukan karakter tersebut dalam sebuah organisasi PWI untuk ikut memajukan daerah nasing-masing,”katanya.

Kendala tersebut, lanjut Yuyun, sudah terbukti bisa diatasi oleh kepengurusan sebelumnya dibawah ketua Anjar Asmara. “Kalau pada Konferwil ini terjadi regenerasi, apakah ada figur yang bisa melebihi kemimpinan Anjar atau minimalnya menyamai? Hal itu tentunya yang masih menjadi pertanyaan,” katanya.

Kalau seandainya tidak ada figur yang lebih baik, lanjut Yuyun, tidak ada salahnya melanjutkan kepengurusan yang ada saat ini. Namun, dengan lebih mempererat jalinan komunikasi serta membuat terobosan baru agar PWI Ciamis lebih maju dan bisa menjadi contoh bagi PWI perwakilan lainnya di Jawa Barat. (Tantan/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!