Pintu Air Irigasi Lama Ditutup, Warga Banjar Keluhkan Sumur Kering

01/10/2016 0 Comments
Pintu Air Irigasi Lama Ditutup,  Warga Banjar Keluhkan Sumur Kering

Saluran irigasi kering yang terletak di wilayah kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, saat pintu air ditutup. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah warga Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, mengeluhkan lamanya penutupan pintu irigasi yang menyebabkan kekeringan sumur warga.

“Terlalu lama saluran irigasi kering akibat ditutup, otomatis sumur pun ikut kering kalau tidak dibantu air hujan. Saya harap kalau ditutup jangan lama-lama,” ujar Syamsiah (46) kepada HR Online, Jum’at (30/9/2016).

Sementara itu, salah satu penjaga pintu air, Adnan (51), mengaku sengaja menutup pintu air karena menuruti permintaan petani yang tengah panen padi.

“Ini demi petani, saya tidak bisa menghalangi. Soalnya supaya mereka tidak kesulitan saat panen. Jika terlalu banyak air, mereka bisa gagal panen,” ujarnya kepada HR Online.

Menurutnya, penutupan tersebut bukan hanya terjadi di wilayah Bojongkantong saja, akan tetapi saluran irigasi yang mengalir ke arah Pataruman, Langensari, Purwodadi, dan Lakbok juga ditutup dengan sistem giliran.

“Karena panen sudah selesai, pada Sabtu (1/10/2016) saya buka kembali,” tutupnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!