Pondasi Jembatan Cipamutih Pamarican Ciamis Ambrol

24/10/2016 2 Comments
Pondasi Jembatan Cipamutih Pamarican Ciamis Ambrol

Pondasi Jembatan Cipamutih di Dusun Sukamaju, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, kondisinya ambrol. Photo : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jembatan Cipamutih di Dusun Sukamaju, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, kondisinya ambrol di bagian pondasi. Akibat ambrolnya struktur bangunan penghubung dua kecamatan itu, roda perekonomian masyarakat menjadi tersendat.  

Kepala Desa Sukajaya, Rosyid, ketika ditemui Koran HR, Senin (17/10/2016) lalu, membenarkan jembatan Cipamutih yang memiliki panjang 15 meter itu kondisinya membahayakan warga dan pengguna jalan.

“Pondasi Jembatan Cipamutih ambrol pada hari Sabtu (15/10/2016) pekan lalu. Kini, kendaraan roda empat tidak bisa melewatinya. Warga sudah memasang rambu bahaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Menurut Rosyid, pondasi Jembatan Cipamutih ambrol saat debit air Sungai Cipamutih dalam kondisi surut. Pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis memprioritaskan perbaikan jembatan tersebut.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Ciamis, Wagino, mengatakan, akan mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis untuk segera memperbaiki jembatan tersebut. Dia beralasan, Jembatan Cipamutih merupakan akses perekonomian masyarakat yang sangat vital.

“Saya akan berupaya untuk mendorong agar perbaikan Jembatan Cipamutih bisa dipercepat kerusakannya lebih parah. Kami akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan mengajukan perbaikannya dalam rapat anggaran,” katanya.

Kepala UPTD Binamarga wilayah Pamarican, Uus Uswian, saat dihubungi Koran HR, Selasa (18/10/2016) lalu, mengatakan, pihaknya telah meninjau langsung ke lokasi jembatan. Dia mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Binamarga Kabupaten Ciamis.

“Meski jembatan ini berada di jalan desa, tidak ada salahnya kami upayakan untuk melaporankannya. Soal perbaikan, itu tergantung bagaimana kebijakan atasan. Karena secara struktural itu kewenangan pemerintah desa,” katanya. (Suherman/Koran HR)

About author

Related articles

2 Comments

    Leave a Reply