Program Hotmix Selesai, Iing: Bupati Ciamis Selanjutnya Tak Usah Pusing Mikirin Jalan

14/10/2016 0 Comments
Program Hotmix Selesai, Iing: Bupati Ciamis Selanjutnya Tak Usah Pusing Mikirin Jalan

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, mengungkapkan, apabila target 400 kilometer jalan kabupaten sudah selesai dihotmix hingga tahun 2019 mendatang, maka fokus program pembangunan Kabupaten Ciamis selanjutnya bisa diarahkan kepada peningkatan kesajahteraan masyarakat.

“Jadi, Bupati Ciamis yang akan datang, tidak perlu memikirkan urusan jalan. Kalaupun ada kerusakan jalan hotmix, paling hanya 10 persennya. Itu pun cukup dengan perbaikan lapisan hotmix. Jadi, bupati mendatang bisa fokus mengurus program kesejahteraan masyarakat,” paparnya, kepada Koran HR, pekan lalu. [Berita Terkait: Tahun 2017, 100 Kilometer Jalan di Ciamis Akan Dihotmix]

Dari 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis, menurut Iing, hanya Kecamatan Panawangan yang belum tersentuh program penghotmixan jalan. Tahun 2017, kata dia, jalan poros Panawangan-Kawunglarang Rancah akan mendapat perbaikan hotmix.

“Dalam merencanakan program, kami memakai skala prioritas, dengan strategi jalan mana dulu yang mendesak diperbaiki. Karena anggaran yang dimiliki sangat terbatas, sehingga program hotmix ini dilakukan secara bertahap,” terangnya.

Menurut Iing, pada tahun 2017, pihaknya akan menyiapkan anggaran sebesar Rp. 120 milyar untuk merealisasikan penghotmixan jalan sepanjang 100 kilometer. “Perhitungannya 1 kilometer jalan hotmix menghabiskan anggaran Rp. 1 milyar lebih. Artinya, biaya yang dikeluarkan sangat tinggi. Makanya, kami melakukan perbaikannya secara bertahap,” pungkasnya. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!