Punya 14 Anak, Pasutri di Ciamis Ini Hanya Sekolahkan Anak Hingga SD

07/10/2016 0 Comments
Punya 14 Anak, Pasutri di Ciamis Ini Hanya Sekolahkan Anak Hingga SD

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Karena ketidakmampuan orang tua, anak dari pasangan suami istri (pasutri) Eman (55) dan Ihat (45), warga Dusun Parung, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, tidak bisa melanjutkan sekolah ke tingkat SMP.

Eman, ketika ditemui Koran HR, Minggu (02/10/2016) lalu, mengatakan, meski dari sekolah ada biaya Bantuan Opersional Sekolah (BOS), dengan memiliki banyak anak tetap saja untuk kebutuhan lainnya tidak bisa terpenuhi.

“Anak-anak hanya sekolah sampai SD saja. Karena jangankan untuk membiayai sekolah, untuk memenuhi kebutuhan setiap hari saja (untuk makan) sangat berat, apalagi kalau menyekolahkan,” katanya.

Senada dengan itu, Ihat, istri Eman, ketika dimintai keterangan, menuturkan, suaminya hanya bekerja sebagai buruh tani serabutan. Menurut dia, dengan memiliki 14 anak, mana mungkin anak-anak bisa melanjutkan sekolah.

“Walaupun anak-anak ingin untuk melanjutkan sekolah, dengan usia anak yang hampir rata-rata beda satu tahun otomatis biaya hidup akan bertambah,” katanya.

Kepala Dusun Parung, Kurniawan, ketika ditemui Koran HR, membenarkan, anak dari pasangan Eman dan Ihat hanya mengenyam pendidikan SD. Menurut dia, mayoritas anak mereka tidak melanjutkan ke SMP karena terbentur biaya. 

“Mereka (Eman dan Ihat) merasa tidak sanggup membiayai sekolah. Walaupun pemerintah setempat menganjurkan anak-anak mereka menuntaskan wajar dikdas,” katanya.

Kaur Ekbang Desa Rawa, Ade Saepudin, Minggu (02/10/2016) lalu, menilai ketikamampuan Eman dan Ihat menyekolahkan anak lantaran dampak dari banyaknya jumlah anak mereka.

“Mempunyai banyak anak berdampak negatif bagi keluarga. Diantaranya menurunkan pendapatan perkapita,” katanya.

Ade menjelaskan, pemerintah sudah mencanangkan program dua anak lebih baik tak lain untuk menciptakan norma keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Namun, pasutri Eman dan Ihat selalu berperinsip banyak anak banyak rejeki. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!