Rektor Unigal Ciamis; Dosen Wajib Lakukan Penelitian

11/10/2016 0 Comments
Rektor Unigal Ciamis; Dosen Wajib Lakukan Penelitian

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Rektor Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Yat Rospia Brata, menyatakan bahwa dosen wajib melakukan penelitian dan pengabdian sebagai kewajiban wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Penelitian tidak ditekankan untuk para peneliti saja karena sebenarnya semua orang dapat melakukan kegiatan meneliti. Karena setiap orang telah dianugrahi oleh Sang Pencipta alat untuk meneliti atau berpikir. Dengan berpikir, peneliti selalu berusaha untuk menghasilkan sesuatu yang ditelitinya itu akan lebih baik. Dengan berpikir juga, setiap orang mengupayakan agar hidupnya lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih bermutu,” katanya.

Yat menuturkan, para dosen dapat terus meningkatkan kegiatan penelitian yang dibiayai oleh Yayasan maupun pemerintah, sehingga dapat meningkatkan keilmuan di bidangnya masing-masing dan dapat berguna bagi mahasiswa yang dibimbingnya.

“Mustahil mahasiswa mendapat pengetahuan yang berkembang apabila dosennya tidak pernah melakukan penelitian,” katanya.

Menurut Yat, dengan melakukan penelitian dosen akan meningkatkan alur berfikir. Setelah itu, dosen juga diharapkan dapat melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai sumbangsih keilmuan di masyarakat.

“Serta dapat mengisi jurnal ilmiah dan menciptakan buku ajar,” katanya.

Lebih lanjut, Yat menambahkan, hal itu sudah diatur dalam Permenristek Dikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang kewajiban dosen melakukan penelitian ilmiah. Dengan begitu, dosen bisa menjadi pembimbing akademik yang berkualitas dan mampu mendukung upaya pemerintah dalam membangun Indonesia lebih baik. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!