Rumah Sakit di Banjar Bermasalah, Ormas dan LSM Gelar Demo

21/10/2016 4 Comments
Rumah Sakit di Banjar Bermasalah, Ormas dan LSM Gelar Demo

Massa dari gabungan LSM dan Ormas sedang melakukan demo di depan Kantor Dishubkominfopar Kota Banjar, Jum’at (21/10/2016). Photo : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ratusan massa yang tergabung dalam forum LSM dan Ormas di Kota Banjar, menggelar aksi unjuk rasa di tiga instansi di Kota Banjar, terkait masalah di salah satu rumah sakit swasta yang ada di Banjar, Jum’at (21/10/2016) siang tadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Ormas dan LSM yang menggelar aksi unjuk rasa yakni Ormas Gerakan Rakyat Menggugat (Geram), Ormas Gibas, GP Ansor, Komunitas Banjar Bersatu, Gabungan Setia Putra (GSP), LSM LAKRI, Komunitas BKM, LSM Warmasindo, Forum Akar, LSM Serbu, dan LSM Amuk.

Sasaran pertama yang dituju oleh ratusan massa dari berbagai Ormas dan LSM ini yaitu kantor Dishubkominfopar Kota Banjar. Dalam orasinya, massa menuntut pihak Dishubkominfopar bertanggungjawab atas pengawasan terhadap Rumah Sakit Mitra Idaman.

“Karena rumah sakit tersebut, hingga saat ini tidak memiliki rambu-rambu seperti warning light, zebra cross, dan amdal lalin yang seharusnya dimiliki oleh rumah sakit,” teriak seorang orator aksi.

Setelah dari kantor Dishubkominfopar, massa kemudian menuju ke kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar. Di sana, mereka menuntut agar Dinkes harus bertanggungjawab atas rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dinkes Kota Banjar dan Provinsi Jabar. Sehingga muncul dokumen UPL-UKL RS Mitra Idaman.

Padahal, menurut mereka, diketahui RS Mitra Idaman belum menempuh persyaratan-persyaratan Amdal Lalin & Pengantar/Rekomendasi dari Kelurahan Mekarsari yang sesuai dengan prosedur.

Setelah dari Dinkes, massa pun bergerak menuju ke Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKKTRLH) Kota Banjar. Dalam orasinya, mereka menuntut DCKKTRLH atas dugaan tindak pidana korupsi, dalam penarikan retribusi pengangkutan limbah RS Mitra Idaman, yang diduga tidak diserahkan sepenuhnya ke DPPKAD Kota Banjar. (Hermanto/R5/HR-Online)

About author

Related articles

4 Comments

  1. bram October 22, at 15:01

    dari pada demo cape2 gawean we ku LSM jeung ORMAS

    Reply
    • RAKYAT JELATA October 22, at 18:01

      Tah satujuu kang.... Ulah demo geura..... Oooo jangan jangan cuman pencitraan yha???? Saya jg rakyat peduli tapi teu kudu kitu caranya....

      Reply
  2. mc October 24, at 23:14

    setuju kang bram.......hee

    Reply
  3. Setyo November 01, at 14:12

    Lebih baik ormas2 ini baca peraturan dulu yg bener sblm demo.. utk rumah sakit tipe D sperti apa.. Yg harusnya lebih jd concern mereka masalah korupsi di DCKKTRLH..

    Reply

Leave a Reply