Siang Ini, Satu Dusun di Banjar Masih Terendam Banjir

10/10/2016 0 Comments
Siang Ini, Satu Dusun di Banjar Masih Terendam Banjir

Salah seorang warga di Dusun Sukanegara, RT.01, RW.01, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, berjalan melintasi banjir yang hingga kini masih menggenang lingkungannya. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah rumah warga di Dusun Sukanegara, RT.01, RW.01, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, hingga siang ini, Senin (10/10/2016), masih terendam air.

Pantauan HR Online di lokasi, sampai pukul 09.00 WIB ketinggian air yang masuk ke wilayah tersebut tinggal 20 centimeter, setelah semalam ketinggiannya mencapai paha orang dewasa.

Rika, warga setempat, mengatakan, dengan situasi air yang masih menggenangi wilayah ini, maka aktivitas warga menjadi terganggu. “Luapan banjir sampai masuk ke seluruh rumah warga di sini, dan banjir yang terjadi kali ini lebih parah dibanding sebelumnya,” tutur.

Dia juga menyebutkan, tingginya volume air disebabkan drainase yang ada di wilayahnya kurang lancer sehingga air tidak mengalir dengan lancar. Terlebih permasalahan selokan apur di Dusun Kedungwaringin, yang menjadi pangkal utama banjir di wilayahnya belum juga ditanggulangi pemerintah setempat.

“Harusnya dari dulu pemdes atau pemkot antisipasi secara cepat, gorong-gorong di selokan tersebut diperbaiki supaya berfungsi kembali dengan baik. Jangan cukup tidak ada dana untuk itu, atau malah mengalihkan isu bahwa selokan di sana menjadi bagian tugas kewenangan procit, PSDA, bahkan dibilang milik provinsi lah,” kata Rika.

Sementara itu, Sekmat Langensari, Jajat Sudrajat, yang semalam meninjau lokasi banjir di wilayah tersebut, membenarkan, bahwa terulangnya banjir di Dusun Sukanagara akibat saluran atau drainase yang buruk.

“Masalah utama banjir di sini karena gorong-gorong yang tersumbat di selokan apur Dusun Kedungwaringin. Itu memang harus cepat diupayakan solusi perbaikan. Selain kami sudah koordinasi dengan pihak Pemdes Waringinsari, kami pun akan mendorong dan meminta Pemkot Banjar supaya drainase tersebut segera diperbaiki,” tandasnya.

Jajat menambahkan, peristiwa banjir semalam tadi ada sekitar 45 Kepala Keluarga di lingkungan tersebut yang rumahnya terendam banjir. Namun beruntung tidak sampai ada korban jiwa. (Nanks/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!