Siswa SMKN 2 Ciamis Berhasil Ciptakan Mesin Pencetak Pakan

29/10/2016 1 Comment
Siswa SMKN 2 Ciamis Berhasil Ciptakan Mesin Pencetak Pakan

Sejumlah siswa SMKN 2 Ciamis di dampingi guru pembimbingnya, saat memperagakan mesin pencetak pakan pelet hasil karya para siswa. Photo: Tantan/HR.  

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Ciamis, berhasil ciptakan inovasi mesin pencetak pakan. Mesin tersebut merupakan salah satu bentuk kreatifitas dan inovasi siswa, dikarenakan Kabupaten Ciamis dikenal dengan produksi ikan yang khas.

Hal itu dikatakan Kepala Program Mesin SMKN 2 Ciamis, Dadi, bahwa dalam menciptakan inovasi mesin pencetak pakan, yakni pelet, untuk pengerjaannya lebih cepat dan instan.

“Seluruh siswa kami diwajibkan untuk mengembangkan ide ataupun kreatifitas mereka yang dapat menjadi kebutuhan masyarakat banyak. Ide mereka diarahkan mencari dari media sosial dan dikembangkan di sekolah,” terangnya, kepada HR Online, Sabtu (29/10/2016).

Menurut Dadi, dalam pengembangan mesin pencetak pakan pelet tersebut, masyarakat dapat memproduksi pakan dengan cepat, serta lebih efisien dengan harga bahan baku lebih murah.

Dalam pembelajaran di SMKN 2 Ciamis saat ini, pihaknya memberikan kebebasan kepada siswa untuk lebih berkreasi dan menciptakan inovasi-inovasi kreatif, dengan cara mengevaluasi sumber daya alam di Kabupaten Ciamis.

“Kami berharap, dengan dikembangkannya inovasi para siswa di SMKN 2 Ciamis ini, para petani dalam bidang peternakan ikan bisa lebih meningkatkan hasil tani dan produksi ternak,” pungkas Dadi. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply