SMP Muhammadiyah Cikoneng Ciamis Kembangkan Ekskul Menjahit

03/10/2016 0 Comments
SMP Muhammadiyah Cikoneng Ciamis Kembangkan Ekskul Menjahit

Kepala SMP Muhammadiah Cikoneng, Sofwan, S.Pd.,M.M, saat mementau siswanya yang tengah menjahit. Photo: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Guna meningkatkan kemandirian serta pengetahuan siswa-siswi, SMP Muhammadiyah Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat membuat sebuah terobosan berupa kegiatan ekstrakurikuler (Ekskul) menjahit.

Kepala SMP Muhammadiah Cikoneng, Sofwan, S.Pd.,M.M, ketika ditemui Koran HR, Senin (26/09/2016) pekan lalu, mengatakan, ekstrakulikuler keterampilan menjahit itu bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa-siswi.

Sofwan menuturkan, saat ini banyak anak sekolah dari tingkat SMP/ MTS yang tidak melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga setelah lulus sekolah pasti ada sebagian dari mereka yang nganggur dan ada juga yang mencari kerja.

Maka dari itu, kata Sofwan, pihak sekolah mengadakan ekstra kulikuler keterampilan menjahit agar setelah para siswa keluar atau lulus dari SMP Muhammadiyah, siswa sudah memiliki ilmu serta kemampuan tentang menjahit.

“Bagi mereka yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, setidaknya sudah memiliki keahlian dalam bidang menjahit,” ujarnya.

Menurut Sofwan, sampai saat ini Ekskul menjahit sudah diikuti oleh 60 orang siswa-siswi. Bahkan, pada peserta ekskul sudah membuat produk jadi sendiri, seperti bantal kursi, celana kolor, taplak meja dan lain-lain.

“Bagi siswa yang kurang mampu dan tidak berencana melanjutkan sekolah, dapat memanfaatkan keahlian menjahit untuk membuka usaha sendiri,” ungkapnya. 

Semenara itu, Alfi, siswi kelas VIII, menuturkan bahwa dengan mengikuti ekskul menjahit dia merasa menambah wawasan dan keterampilan. Setidaknya dia bisa menjahit pakaiannya sendiri ketika ada yang sobek.

“Sedikit demi sedikit saya belajar memperbaiki pakaian yang sobek dan menjahit pakaian orang tua yang terlalu besar agar pas dengan ukuran tubuh,” katanya. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!