Tahan Imbang PSPS 1-1, PSGC Ciamis Pimpin Klasemen Sementara Grup D

10/10/2016 2 Comments
Tahan Imbang PSPS 1-1, PSGC Ciamis Pimpin Klasemen Sementara Grup D

PSGC Ciamis saat melawan Persekap Pasuruan pada babak 16 besar ISC Seri B, di Stadion Galuh Ciamis, pekan lalu. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

PSGC Ciamis berhasil mencuri satu poin pada laga tandang perdananya setelah menahan imbang tuan rumah PSPS Pekanbaru dengan skor 1-1, pada lanjutan babak 16 besar grup D kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) Seri B, di Stadion Kaharuddin Nasution Pekanbaru, Minggu (09/10/2016) sore.

Gol PSPS diciptakan Firman Septian di menit 38 dan gol PSGC diciptakan Joko Sasongko di menit 80 melalui tendangan penalti. Dengan hasil ini, PSGC kini menempati posisi puncak di klasemen sementara grup D dengan mengumpulkan poin 4 dari 2 laga yang sudah dilakoni.

Dari jalannya laga, seperti dilansir Tribun Pekanbaru, sepanjang babak pertama kedua tim bermain terbuka dan saling menyerang. PSPS di menit 38 berhasil menciptakan gol melalui melalui kaki Firman Septian. Gol itu berawal dari bola sundulan Ahmad Ihwan yang mengarah di depan Firman. Tidak ada kawalan dari pemain belakang lawan, membuat Firman dengan mudah merobek gawang PSGC.

Tertinggal 1-0, PSGC mencoba meningkatan serangan. Namun, karena solidnya lini pertahanan PSPS, tak ada satupun peluang PSGC yang berhasil dikonversi menjadi gol. Di menit 40, PSPS nyaris memperbesar keunggulan melalui aksi soloran dari sisi kanan yang dilakukan Ahmad Ihwan. Namun sayang, saat Ahmad menendang bola, melebar ke sisi gawang PSGC. Hingga babak pertama usai, skor tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah PSPS.

Di babak kedua, kedua tim saling meningkatkan serangan. PSGC mendapat peluang lebih dulu melalui Joko Sasongko di menit 52. Sundulan Joko yang mengarah ke gawang lawan malah membentur tiang gawang.

Di menit 60, untuk meningkatkan daya serang, pelatih PSPS Philep Hansen menarik pemain tengah Amril dan memasukan Riki Salehudin. Langkah yang sama pun dilakukan pelatih PSGC Heri Rafni Kotari yang menarik Andi Dwi Kurniawan dan memasukan Ganjar Kurniawan.

Setalah masuknya Ganjar, membuat serangan PSGC lebih hidup. Di menit 62, PSGC mendapat peluang melalui tendangan bebas yang dieksekusi Budiawan. Sayang, tendangan Budiawan melambung tinggi di atas mistar gawang PSPS yang dijaga Susanto. Di menit 65, PSGC kembali mendapat peluang melalui sundulan Ganjar Kurniawan. Lagi-lagi sundulan Ganjar melebar di sudut kanan gawang PSPS.

Di menit 80, terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti PSPS. Pelanggaran berawal ketika pemain belakang PSPS Ponda Dwi Saputra terjatuh saat menghalau bola di kotak penaltinya sendiri. Saat terjatuh itulah bola menyentuh tangan Ponda. Wasit yang melihat terjadi pelanggaran, langsung menunjuk titik putih memberikan hadiah penalti untuk PSGC.

Kericuhan pun sempat terjadi ketika pemain PSPS tidak terima dengan keputusan wasit yang menghukum tendangan penalti. Namun begitu, wasit tetap pada pendiriannya dan memberikan penalti untuk PSGC. Joko Sasongko yang menjadi algojo tendangan penalti, berhasil merobek jala gawang PSPS. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1.

Pelatih Kiper PSGC Ciamis, Ukut Kusparman, saat dihubungi HR Online, via telepon selulernya, mengaku bersyukur skuad Laskar Galuh berhasil menahan imbang tuan rumah PSPS. Menurutnya, hasil ini cukup berpengaruh terhadap posisi PSGC di klasemen sementara grup D babak 16 besar.

Ukut mengatakan, pihaknya sebenarnya kecewa dengan hasil tersebut. Pasalnya, gol PSPS yang terjadi di babak pertama berbau offside. Namun wasit tidak menganulirnya. “Justru penaltl yang diberikan kepada kami sangat fair. Karena terlihat jelas tangan pemain belakang PSPS menyentuh bola saat menghalau serangan di dalam kotak penaltinya,” katanya. (Tribun/Tantan/R2/HR-Online)

Hasil Pertandingan 16 Besar ISC B Grup D pekan ke 2
FT: PSPS 1-1 PSGC
FT: PSIS 3-1 Persekap

Klasemen Sementara Grup D Babak 16 Besar ISC Seri B

NoKlubMainMenangSeriKalahGolPoin
1PSGC Ciamis21105-14
2PSPS Pekanbaru21103-24
3PSIS Semarang21014-33
4Persikep Pasuruan20011-70

Pertandingan Selanjutnya
Sabtu, 15 Oktober 2016
Psgc Ciamis vs PSIS Semarang
di Stadion Galuh Ciamis
Kick Off 16.00 WIB

About author

Related articles

2 Comments

    Leave a Reply