Tahun 2016, DCKKTR Ciamis Realisasikan Program Rp. 95 Miliar

31/10/2016 0 Comments
Tahun 2016, DCKKTR Ciamis Realisasikan Program Rp. 95 Miliar

Salah satu pembangunan sarana dan prasarana Air Bersih (SAB) Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Ciamis. Photo: Es/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, di tahun anggaran 2016 telah merealisasikan sejumlah program pembangunan dengan nilai keseluruhan sebesar Rp. 95 miliar.

Kepala DCKKTR Kabupaten Ciamis, Oman Rohman, ketika ditemui Koran HR, Selasa (25/10/2016), mengatakan, seluruh anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Bantuan Provinsi (Banprov) dan APBD Kabupaten Ciamis.

Oman menjelaskan, anggaran murni tahun 2016 sebenarnya mengalami pengurangan. Sebab hal itu disesuaikan dengan kebutuhan. Anggaran tersebut terbagi ke dalam tiga bidang, diantaranya Bidang Tata ruang, Perumahan dan Pemukiman, Serta Bidang Kebersihan.

Lebih lanjut, Oman mengungkapkan, pihaknya juga mengalokasikan sebagian dari anggaran tersebut untuk pembangunan lapang atletik, Gedung Kantor Bappeda, dan Gedung Kantor Dishubkominfo. Total anggarannya mencapai sekitar Rp. 34 miliar.

Bukan hanya itu, kata Oman, pembangunan lainnya adalah 24 titik sarana dan prasarana Air Bersih (SAB) yang tersebar di beberapa kecamatan. Program pembangunan SAB tersebut merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Lokasinya antaralain, Kecamatan Panumbangan, Lumbung, Pamarican, Cihaurbeuti, Cijeungjing, Lakbok, Banjarsari, Cisaga, Jatinagara, Sindangkasih, Rajadesa, dan Baregbeg. Di setiap kecamatan, DCKKTR membangun dua SAB. Pembangunan itu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat akan air bersih.

Selain SAB, Oman menyebutkan, pihaknya juga membangun sanitasi dan juga MCK di 22 lokasi di 12 kecamatan. Bahkan, sebagian pembangunan SAB, sanitasi dan MCK masih dalam tahap pelaksanaan.

“Mudah-mudahan tahun ini, pembangunan lanjutan seperti Mes Pemda, Kantor Dishub, Gedung Galuh Taruna di Bandung, bisa selesai. Termasuk Gedung Bappeda, Gedung Kesenian dan BKKD,” katanya.

Terlepas dari itu, Oman berharap pembangunan yang dilaksanakan DCKKTR memberikan dampak terhadap kemajuan daerah dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. (Es/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!