Tahun 2017, 100 Kilometer Jalan di Ciamis Akan Dihotmix

14/10/2016 0 Comments
Tahun 2017, 100 Kilometer Jalan di Ciamis Akan Dihotmix

Ruas Jalan di Kabupaten Ciamis yang mendapat peningkatan kontruksi dengan lapisan hotmix. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemkab Ciamis pada tahun 2017 mendatang kembali mengulirkan program peningkatan jalan dengan lapisan hotmix yang titiknya tersebar di wilayah Kabupaten Ciamis. Rencananya, panjang jalan yang akan dihotmix pada tahun 2017 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni sepanjang 100 kilometer.

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, mengungkapkan, pihaknya menargetkan hingga tahun 2019 mendatang bisa merealisasikan penghotmixan jalan berstatus milik kabupaten sampai sepanjang 400 kilometer yang dimulai dari tahun 2015.

“Tahun 2015 kita sudah menghotmix jalan kabupaten sepanjang 40 kilometer. Kemudian tahun 2016 sepanjang 70 kilometer. Tahun 2017, program ini kami lanjutkan kembali dengan menghotmix jalan sepanjang 100 kilometer. Sementara sisanya, sepanjang 190 kilometer, akan dituntaskan pada tahun 2018 dan 2019 mendatang,” ujarnya, kepada HR Online, pekan lalu.

Iing menjelaskan, 400 kilometer jalan yang ditargetkan tuntas dihotmix pada tahun 2019 mendatang merupakan jalan yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat. Namun, lanjut Iing, jalan yang dihotmix tersebut, tidak semuanya berstatus jalan kabupaten, tetapi ada juga jalan berstatus milik desa.

“Memang ada jalan milik desa, tetapi sudah menjadi akses ekonomi warga, seperti di kawasan Agropolitan Panjalu atau di kawasan Lumbung Padi di Banjarsari dan Lakbok. Meski jalan milik desa, tetapi perbaikannya kami ambil alih,” terangnya.

Menurut Iing, pihaknya mengulirkan program penghotmixan jalan kabupaten bukan tanpa alasan. Sebab, apabila jalan ditingkatkan dengan lapisan hotmix, kekuatan kontruksi jalannya bisa sampai bertahan hingga 5 tahun kedepan.  “Kalau memperbaiki jalan dengan lapisan lapen, satu tahun kedepan akan rusak lagi. Dengan begitu, Pemkab tidak akan tuntas memperbaiki jalan dan setiap tahun APBD akan habis tersedot untuk anggaran infrastruktur jalan,” katanya. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!