Ternyata Begini Sejarah Ritual Tiup Lilin Saat Rayakan Ultah!

03/10/2016 0 Comments
Ternyata Begini Sejarah Ritual Tiup Lilin Saat Rayakan Ultah!

 
Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Unik, (harapanrakyat.com),-

Tahukah anda, kenapa ritual dan tradisi meniup lilin selalu dilaksanakan pada saat merayakan acara ulang tahun? Nyaris pada semua perayaan ulang tahun di seluruh negara, selalu ada saja ritual meniup lilin, mendapat hadiah, memotong kue dan lainnya.  

 
Dilansir dari boldsky.com, ritual meniup lilin diklaim sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Sampai saat ini, ritual meniup lilin tersebut seolah wajib dilakukan. Padahal menurut sejarah, menyalakan lilin merupakan ritual orang Yunani Kuno sebagai bentuk membayar upeti kepada Dewi Bulan Artemis.

Awalnya, kue yang dipakai pada perayaan ulang tahun disarankan agar berbentuk bulat sebagai lambang bulan. Sedangkan lilin yang dipasang di bagian atas kue sebagai lambang cahaya bulan.  

Orang Yunani kuno menyatakan bahwa menyalakan lilin dan meniupnya pada saat perayaan ulang tahun adalah bagian dari ritual keagamaan. Sebelum lilin ditiup, orang yang berulang tahun harus memanjatkan doa. Setelah itu, asap dari lilin yang ditiup dipercaya akan mengantarkan doa orang tersebut kepada Dewi Bulan Artemis. (Deni/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!