Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemdes Raharja Bangun Jalan Lanning ke Pesawahan

31/10/2016 0 Comments
Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemdes Raharja Bangun Jalan Lanning ke Pesawahan

Pembuatan plat beton dek untuk lanning jalan ke kawasan pesawahan dan menutup saluran air warga. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam upaya meningkatkan hasil pertanian warga, Pemerintah  Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, terus melakukan pembangunan infrastruktur guna menunjang proses aktifitas bertani masyarakat.

Selain penganggaran biaya pembuatan saluran pipa air untuk mengairi lahan sawah yang kerap kekeringan saat kemarau, Pemdes Raharja juga melakukan pembuatan jalan lanning yang menghubungkan ke areal pesawahan dengan menggunakan plat beton dek.

Kepala Desa Raharja, Hasim, S.Ag., mengatakan, setelah menerima usulan dari warganya agar jalan penghubung di sekitar areal pesawahan yang berada di Dusun Randegan II, RT.30, RW.13, diperbaiki, pihaknya langsung memutuskan usulan tersebut direalisasikan pada tahun anggaran 2016 yang ambil dari APBDes.

“Kalau jalannya bagus, otomatis petani lebih mudah dalam beraktifitas di sawah. Apalagi jika musim panen tiba, tentu pengangkutan padi dari sawah ke rumah mereka lebih terbantu,” terangnya, kepada Koran HR, Selasa (25/10/2016) pekan lalu.

Sementara itu, pembuatan plat beton dek yang tengah dikerjakan juga akan diperuntukkan bagi penutupan saluran air yang berada di RW.8, Dusun Randegan II. Hal tersebut berguna untuk menghindari masyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan.

“Biasanya kalau ada saluran terbukan kerap menjadi sasaran pembuangan sampah sembarangan. Makanya, supaya tidak terlihat kumuh, kita anggarkan juga dari APBDes tahun anggaran 2016 untuk menutupi saluran menggunakan plat beton dek,” kata Hasim.

Dia menambahkan, melalui pencairan anggaran APBDes tahun anggaran 2016 tahap kedua ini, pihanya tengah memulai merealisasikan pembangunan Gedung Olahraga (GOR) yang belum terlaksana. Pihaknya berharap, GOR yang diinginkan masyarakat bisa segera selesai dan sesai harapan warga Desa Raharja. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!