Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

04/10/2016 0 Comments
Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Sangat jengkel ketika smartphone android Anda bekerja sangat lambat, padahal android yang Anda miliki dari vendor atau pabrikan kenamaan.

Tenang, jika smartphone Anda menjadi lemot, itu hal yang lumrah. Pasalnya, seiring waktu pemakaian smartphone tersebut pasti akan mengalami masalah.

Nah, buat pengguna smartphone android yang mengalami masalah tersebut, ini adalah tips yang dapat Anda coba untuk mengatasinya, seperti yang diambil dari Lifehacker, Selasa (4/10/2016).

Namun sebelum mempraktekan tips tersebut, sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu hardware dari smartphone yang Anda punya.

# Uninstal Aplikasi yang Tidak Perlu

Untuk informasi, aplikasi yang Anda instal di smartphone menghabiskan memori serta RAM yang besar, terlebih yang Anda instal yaitu game berat. Dampaknya, performa android yang semakin lemot bak keong.

Instal aplikasi yang menurut Anda sangat berguna. Kalau bisa, pindahkan aplikasi di memori internal ke memori eksternal yang ada di smartphone. Sehingga ruang RAM yang ada di memori internal masih mempunyai ‘jatah’ yang besar.

# Memperbaharui OS

Tips selanjutnya yaitu perbarui OS atau sistem operasi Android Anda ke versi terbaru. Manfaat dari perbarui OS yaitu untuk memperbaiki bugs serta mengoptimalkan hardware android menjadi lebih baik. Sehingga android tersebut akan lebih cepat dan stabil.

# Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Aplikasi yang telah di-instal pada Android bukan hanya akan memakan bahkan menjadi beban kinerja RAM, namun juga akan menguras daya baterai. Dampaknya, kinerja smartphone tersebut tidak akan maksimal, bahkan terkadang nge-lag.

Solusinya, nonaktifkan atau tutup aplikasi yang tidak dipakai. Jika ingin me-nonaktifkan aplikasi tersebut di Android Anda, Anda bisa membuka menu Settings>Application>App manager. Pilihlah aplikasi yang akan Anda nonaktifkan kemudian tekan tombol disable.

# Update Aplikasi

Bukan hanya OS yang diperbaharui, namun aplikasi juga sangat perlu di-update. Untuk meng-update aplikasi Anda bisa melalui Google Play Store. Guna dari memperbarui aplikasi, bugs akan diperbaiki, performa menjadi meningkat serta menambahkan fitur baru.

# Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Kesalahan dari kebanyakan pengguna Android yaitu memasang wallpaper bergerak. Memang live wallpaper akan memperindah tampilan. Padahal, wallpaper tersebut akan memakan dan menguras baterai yang sangat besar. Sehingga Android Anda akan menjadi lambat.

Agar smartphone tidak loading terlalu lama ketika akan membuka aplikasi, maka sebaiknya Anda tidak memakai wallpaper bergerak. Pakailah wallpaper yang sederhana atau tidak bergerak, sehingga loading cepat dan stabil. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!