Tradisi Hajat Bumi di Banjar Swadaya, Ini Kata Pemerintah Setempat

08/10/2016 0 Comments
Tradisi Hajat Bumi di Banjar Swadaya, Ini Kata Pemerintah Setempat

Tradisi hajat bumi bumi di Lingkungan/Kelurahan Pataruman, Kota Banjar yang diselenggarakan setiap memasuki bulan muharam pada tahun baru islam. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Lurah Pataruman, Ading A Ridwan, mengatakan bangga masyarakat di wilayahnya sangat antusias dalam melaksanakan tradisi hajat bumi yang dilakukan tiap tahun. Menurutnya, nilai kebudayaan khas sekitar senantiasa dijaga dengan baik dengan bukti keinginan warga diwujudkan dalam bentuk swadaya.

“Memang terbilang baru, namun akan kami upayakan agar masuk dalam anggaran. Karena kita statusnya kelurahan, maka kegiatan tahunan tersebut masuk dalam kategori pembinaan masyarakat melalui karang taruna,” katanya kepada HR Online, Jum’at (7/10/2016).

Hal senada juga diungkapkan Camat Pataruman, Moch. Dasuki Sholeh, SH., M.Si. Dia akan mendorong kebudayaan yang ada di wilayahnya agar selalu dilestarikan melalui kebijakan yang dimilikinya. Sedangkan keberadaan hajat bumi yang ada di Lingkungan/Kelurahan Pataruman, ia menyerahkan sepenuhnya kepada kelurahan untuk diakomodir anggarannya.

“Posisi wilayahnya itu kan kelurahan, kalau saja desa, tentu kita bisa mengajukan anggaran sendiri agar masyarakat tidak terlalu repot dalam mempersiapkan tradisi hajat bumi tersebut,” katanya.

Sebelumnya, tradisi hajat bumi di Lingkungan/Kelurahan Pataruman, Kota Banjar yang diselenggarakan setiap memasuki bulan muharam pada tahun baru islam. Meskipun baru dilaksanakan 5 kali dengan swadaya, namun masyarakat meminta dorongan dari pemerintah agar kegiatan tersebut bersinergi dengan pemerintah. (Muhafid/R6/HR-Online)

Berita Terkait

Mekipun Sederhana, Ritual Hajat Bumi di Banjar Meriah

Warga Mengeluh, Tradisi Hajat Bumi di Banjar Minim Perhatian Pemkot

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!