Upaya Lestarikan Hutan, Perhutani Ciamis Tanam 2.500 Pohon

31/10/2016 3 Comments
Upaya Lestarikan Hutan, Perhutani Ciamis Tanam 2.500 Pohon

Perum Perhutani KPH Ciamis, saat melakukan penanaman 2.500 pohon di petak 58 H, Resort Pemangku Hutan (RPH) Panjalu, Minggu (30/10/2016). Photo: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Ciamis, Jawa Barat, melakukan penanaman 2.500 pohon dengan berbagai jenis di petak 58 H, Resort Pemangku Hutan (RPH) Panjalu, Minggu (30/10/2016).

Saat ditemui HR Online, Senin (31/10/2016), Wakil ADM Perum Perhutani Ciamis, Angkat Wijanto, mengatakan, kegiatan penanaman pohon dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan lagi kepedulian dalam menanam pohon guna melestarikan hutan.

“Penanaman ini sengaja kami lakukan dengan melibatkan masyarakat Desa Golat, Kecamatan Panjalu, dan juga kelompok kerja peduli lingkungan. Hal itu agar semua masyarakat, khususnya di Desa Golat yang berdekatan dengan hutan yang dikelola Perhutani, bisa melestarikannya,” terang Wijanto.

Pihaknya menilai, dengan dilakukannya penanaman pohon dari berbagai jenis bisa membawa manfaat besar, terutama terhadap kelangsungan lingkungan di sekitar Desa Golat. Selain itu, melalui kegiatan tersebut juga bisa terjadi sinergitas antara Perhutani dan masyarakat desa hutan dalam menjaga sumberdaya hutan untuk kelangsungan hidup umat manusia.

“Dalam acara penanaman ini kami bawa sekitar 2.500 pohon dengan jenis pohon beragam, dari mulai mahoni, pohon albasiah, durian, dan lainnya yang nantinya selain menghasilkan kayu ada pula yang menghasilkan buah-buahan,” jelasnya.

Wijanto menambahkan, dengan terus melakukan penanaman di lahan yang masih kosong, maka jelas nantinya akan membantu kelangsungan dan kelestarian lingkungan. (es/R3/HR-Online)

About author

Related articles

3 Comments

    Leave a Reply