Upaya Mengatasi Masalah Banjir, Desa Mulyasari Banjar Bangun Saluran Irigasi

25/10/2016 1 Comment
Upaya Mengatasi Masalah Banjir, Desa Mulyasari Banjar Bangun Saluran Irigasi

Pembuatan saluran irigasi dengan panjang 150 meter yang terletak di RT. 03, RW. 04, Dusun Sukamaju, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Menjadi wilayah langganan banjir tentu bukan harapan semua masyarakat, apalagi setiap turun hujan yang berkepanjangan. Tercatat sekitar 55 rumah dengan 191 jiwa di Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, terkena dampak banjir akibat kiriman air dari Gunung Sangkur.

Memecahkan persoalan tersebut, Pemerintah Desa Mulyasari melakukan terobosan dengan pembuatan saluran irigasi guna mengalirkan air kiriman dari Gunung Sangkur ke saluran pembuangan.

Kepala Desa Mulyasari, Wawan Gunawan, melalui Sekretaris Desa, Ari, menyampaikan kejadian banjir disebabkan tidak maksimalnya saluran air kiriman dari Gunung Sangkur. Dengan kondisi demikian, berdasarkan hasil musyawarah dan usulan masyarakat, akhirnya digagas untuk membuat saluran irigasi dengan panjang 150 meter yang terletak di RT 03 RW 04 Dusun Sukamaju.

“Kami mengalokasikan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2016 salah satunya untuk pembuatan saluran irigasi tersebut. Mudah-mudahan dampak air kiriman dari Gunung Sangkur tidak lagi membuat warga resah,” ujarnya kepada Koran HR saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/10/2016) pekan lalu.

Walaupun pembangunan saluran irigasi tersebut tidak secara total membuat banjir tidak lagi terjadi, lanjutnya, akan tetapi bisa meminimalisir dampak banjir. Untuk proses maksimal pembangunannya, Ari menegaskan pada tahun 2017 mendatang akan dibangun drainase-drainase yang ada di sekitaran pemukiman warga.

“Nah kalau sudah ada drainase yang berada di pemukiman warga, saya yakin banjir pun bisa diminimalisir,” tutupnya. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply