Usia 191 Tahun, Desa Balokang Banjar Menuju Desa Mandiri

17/10/2016 0 Comments
Usia 191 Tahun, Desa Balokang Banjar Menuju Desa Mandiri

Kepala Desa Balokang dan perwakilan dari BPD, meniup lilin HUT Desa Balokang ke-191 tahun 2016. Photo: Eva Latifah/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Balokang ke-191 tahun 2016, sekaligus peringatan 1 Muharam, Pemerintah Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, menggelar serangkaian kegiatan yang berlangsung selama lima hari, terhitung dari tanggal 24, 29, 30 September-1-2 Oktober.

Kepala Desa Balokang, H. Oding Homsin, mengatakan, meskipun umurnya sudah mencapai 191, peringatan Hari Jadi Desa Balokang kali ini adalah peringatan yang kedua kalinya.

“Hal itu bukan sebuah persoalan, karena saya berharap peringatan HUT Desa Balokang ini akan bisa diperingati di tahun-tahun berikutnya dengan lebih meriah lagi, dan akan menjadi agenda tahunan Desa Balokang,” terangnya, kepada Koran HR, saat ditemui disela-sela kegiatan, Minggu (02/10/2016).

Lanjut Oding, tanggal 1 Muharam adalah tanggal yang bersejarah bagi masyarakat Desa Balokang. Pasalnya, di tanggal itu masyarakat memproklamirkan berdirinya nama suatu lembaga pemerintahan yang dinamai Pemerintah Desa Balokang.

Kini, setelah 191 tahun usianya, seiring dengan pesatnya ilmu teknologi serta bertambahnya jumlah penduduk, berbagai wujud pembangunan telah dilaksanakan Pemerintah Desa Balokang, baik bidang infrastruktur maupun non infrastruktur.

Untuk itu, digelarnya serangkaian kegiatan dalam peringatan hari jadi ini tujuannya untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar warga di Desa Balokang. Hal tersebut sesuai tema yang diambil, yaitu “Dengan semangat Hari Jadi Desa Balokang, kita tingkatkan status desa menuju program Desa Mandiri sebagai wujud nyata pembangunan bangsa.”

“Kalau kita berkumpul seperti ini kan kita bisa saling mengenal satu sama lain. Terlebih kita juga sudah melaunching lagu yang berjudul Balokang Nu Urang, artinya Balokang milik kita. Maka dari itu mari kita bangun Desa Balokang bersama-sama,” kata Oding.

Dia juga mengatakan, bahwa berbagai macam kegiatan yang digelar pihak pemerintah desa, tak lepas dari adanya peran serta para pemuda Balokang yang bernaung dalam komunitas C+ (Curug Community), dan masyarakat desanya.

Pihaknya berharap, ke depan Desa Balokang bisa lebih maju lagi dalam pembangunan di segala bidang guna memenuhi harapan seluruh masyarakat. Untuk itu, sebagai kepala desa Oding sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat.

“Demi kemajuan bersama, peringatan hari jadi ini adalah sebuah simbol bagi Desa Balokang yang lebih maju,” tandasnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah digelar itu meliputi lomba Tahfiz, kaligrafi dan pildacil tingkat RW untuk usia SD/MI, lomba qosidah bapak-bapak, lomba tumpeng tingkat RW, dan lomba sepak bola mini antar SD/MI se-Desa Balokang, pawai obor, jalan sehat dan pagelaran wayang golek.

Dalam momen peringatan HUT Desa Balokang, pemerintah desa juga memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada yatim piatu dan dhuafa sebanyak 210 orang, mereka berasal dari 7 dusun. Bantuan sosial lainnya diberikan kepada anak berprestasi tapi kurang mampu sebanyak 60 pelajar tingkat sekolah dasar yang diambil dari 5 SD. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!