Warga Minta Cibeureum jadi Pusat Wisata Ciamis Utara

04/10/2016 0 Comments
Warga Minta Cibeureum jadi Pusat Wisata Ciamis Utara

Salah satu objek wisata Situs Batu Panjang yang terletak di Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis. Photo: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Sukamantri meminta potensi obyek wisata yang terdapat di wilayah Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, dapat dijadikan sebagai pusat destinasi wisata di wilayah Ciamis Utara. Menurut warga, beberapa potensi yang ada disana memiliki daya tarik untuk dijadikan tujuan wisatawan.

Elan, warga Desa Cibeureum, ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/09/2016) pekan lalu, menuturkan, objek wisata Situs Batu Panjang, Curug Cigoong dan Situ Cibubuhan yang ada di wilayah itu memiliki potensi yang cukup bagus.

“Diharapkan, obyek wisata yang ada di Desa Cibeureum Sukamantri bisa dijadikan destinasi wisata yang terpadu dan terintegrasi,” katanya.

Yayat, warga Dusun Cimara, mengatakan, bila Desa Cibeureum dijadikan sebagai induk wisata di Ciamis Utara, selain dapat menggenjot pendapatan asli desa (PADes), juga secara otomatis tingkat perekonomian masyarakat dapat berkembang.

Sebab, kata Yayat, keberadaan dan status wisata tersebut akan sangat berdampak terutama bagi masyarakat yang suka berdagang. Terlebih, dari obyek wisata situ Lengkong Panjalu jaraknya hanya beberapa kilometer saja.

“Dengan dijadikannya destinasi wisata, otomatis para peziarah atau wisatawan yang datang ke Panjalu dapat dipastikan akan berkunjung ke obwis yang ada di Sukamantri. Apalagi akses jalan bisa ditempuh melalui arah dari Majalengka atau Ciamis,” katanya.

Wakil Ketua BPD Desa Cibeureum, Agus Anwar, ketika dihubungi Koran HR, Selasa (27/09/2016), mengatakan, potensi obyek wisata yang ada di Desa Cibeureum sudah masuk dalam pembahasan, baik di tingkat desa maupun di kecamatan.

“Bahkan sudah masuk dalam Raperda tingkat Kabupaten. Mudah-mudahan saja, Raperda tersebut dapat digunakan sebagai pedoman untuk menggali, menangani dan memanfaatkan secara optimal prioritas dan potensi daya tarik wisata di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Agus berharap, dengan adanya Raperda rencana induk pengembangan kepariwisataan, potenis wisata di Cibeureum dapat segera tergali dan terwujud, sehingga Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan wisataw. (Dji/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!