Agun Minta Pemda Ciamis, Banjar dan Pangandaran tak Keluarkan Izin Penebangan

01/11/2016 2 Comments
Agun Minta Pemda Ciamis, Banjar dan Pangandaran tak Keluarkan Izin Penebangan

Anggota Komisi I DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Anggota Komisi I DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis, Banjar dan Pangandaran untuk tidak memberikan ijin penebangan hutan. Hal itu menyusul musibah yang melanda ketiga wilayah tersebut.

Menurut Agun, musibah yang melanda wilayah Jawa Barat beberapa pekan terakhir ini mesti ditafakuri. Dia meyakini, musibah bencana alam seperti banjir, banjir bandang, longsor yang dialami masyarakat bukan hanya karena faktor alam dan cuaca buruk.

Tapi, Agun menilai, bencana yang terjadi juga disebabkan karena faktor kebijakan dan penegakan hukum yang lemah dan kurang tepat terkait dengan pengelolaan sumber daya alama (SDA), khususnya hutan. 

“Sekali lagi kami berharap musibah yang menimpa ini bisa ditafakuri. Kami juga menindak terhadap semua pihak yang mencoba melakukan usaha penebangan liar,” ujarnya.

Agun berharap masyarakat membangun kembali kehidupan sehari-hari dengan tertib, teratur dan gotong-royong. Diantaranya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan saluran irigasi.

“Semangat gotong-royong inilah yang harus bisa ditumbuhkan kembali di masyarakat, termasuk menghidupkan kembali program Jum`at bersih (Jumsih). Tidak boleh lagi membuang sampah sembarangan. Karena ini akan berdampak terhadap bencana. Semoga musibah yang datang bisa dijadikan pembelajaran dan kita sabar dalam menghadapinya. Jangan berkecil hati semua juga pasti akan ada hikmahnya,” katanya. (DSW/Koran HR)

About author

Related articles

2 Comments

    Leave a Reply