Awas! Non Perokok Rentan Terkena Kanker Paru, Ini Penyebabnya

14/11/2016 0 Comments
Awas! Non Perokok Rentan Terkena Kanker Paru, Ini Penyebabnya

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Jumlah perokok dari hari ke hari semakin bertambah, sehingga penyakit kanker paru-paru kini menjadi jenis kanker yang mulai “naik daun.” Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society, dari penderita kanker secara keselurahan, dalam setiap tahunnya ada sekitar 20 persen yang meninggal akibat kanker paru-paru, dan ternyata tidak semuanya perokok aktif.

Lalu apa yang menjadi alasan non perokok bisa terserang kanker paru-paru? Berikut ini penjelasannya;

Faktor lingkungan mempunyai peranan utama atas munculnya kanker paru-paru dalam tubuh manusia. Menurut U.S. Environmental Protection Agency, bahwa gas radon menjadi penyebab utama penyakit kanker terhadap seseorang yang bukan perokok aktif. Gas tersebut tidak berwarna dan juga tidak berbau, dan gas ini muncul di rumah atau bangunan dengan karakteristik radioaktif yang tinggi.

Faktor selanjutnya adalah gaya hidup, di mana seseorang sering berada dalam satu ruangan dengan para perokok akan menjadi penyebab penyakit kanker paru-paru. Kemudian, terlalu banyak mengkonsumsi junk food juga bisa berisiko tinggi untuk terkena kanker.

Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan akan mampu melindungimu dari serangan kanker.

Terakhir adalah faktor genetika. Dalam hal ini, beberapa individu mempunyai kecenderungan secara genetik untuk terkena kanker. Misalnya, bagi mereka yang keluarga dekatnya menderita kanker, maka kemungkinan besar menjadi lebih rentan terkena penyakit tersebut.

Dari faktor-faktor tersebut di atas, Anda bisa melindungi diri dari serangan kanker paru-paru, yakni dengan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!