Begini Mitos Kemunculan Hiu Naga Bintang Bagi Nelayan Pangandaran

13/11/2016 0 Comments
Begini Mitos Kemunculan Hiu Naga Bintang Bagi Nelayan Pangandaran

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Terdamparnya seekor Hiu Naga Bintang atau Hiu Tutul yang cukup besar sepanjang 8 meter di sekitar Pos 2 Pantai Barat Pangandaran membuat warga dan wisatawan yang tengah berena berhamburan berlari dari pantai karena ketakutan, meskipun Hiu Tutul tersebut dikenal tidak sebuas Hiu Putih.

Kusmana, nelayan Pangandaran, mengatakan, kemunculan hewan langka tersebut disebabkan oleh faktor cuaca yang buruk. Pasalnya, kondisi perairan laut saat ini kehangatannya berkurang dan cenderung dingin, sehingga ikan besar seperti Hiu Tutul berusaha mencari suhu perairan yang lebih hangat.

“Hampir setiap tahun saat kondisi cuaca buruk Hiu Tutul terdampar maupun tertangkap oleh nelayan di Pangandaran,” jelas Kusmana kepada HR Online, Minggu (13/11/2016).

Menurutnya, kehadiran Hiu Naga Bintang tersebut di perairan Pangandaran diyakini sebagai tanda baik untuk nelayan. Sebab, mitos yang berkembang tidak lama lagi setelah kehadiran Hiu tersebut para nelayan akan panen ikan.

“Biasanya kalau Hiu Naga Bintang tersebut muncul itu pertanda akan datangnya kemarau panjang. Saat musim kemarau, nelayan otomatis akan mendapatkan hasil laut yang melimpah dibanding musim penghujan,” tutupnya. (Ntang/R6/HR-Online)

Berita Terkait

Hiu Naga Bintang Terdampar di Pangandaran

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!