Cegah Penipuan di Email, Ini Caranya

08/11/2016 0 Comments
Cegah Penipuan di Email, Ini Caranya

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Jika di email Anda ada yang mengirim pesan bahwa Anda sebagai pemenang lotre, sebaiknya jangan dibuka email tersebut. Sebab, secara logika tawaran atau undian hadiah itu mustahil, si pengirim bahkan bermaksud menipu Anda sebagai pemilik akun email.

Biasanya email-email yang masuk tersebut masuk ke dalam spam dan berisikan link hadiah, iklan, berita yang menarik, himbauan klik link yang telah disusupi malware, konsultasi keuangan dan sebagainya.

Setelah Anda terpancing untuk mengklik atau membuka link, maka para penjahat cyber ini akan memanfaatkan hal tersebut. Mulai dari mencuri data pribadi, mencari uang bahkan merusak.

Menurut laporan FBI seperti yang dilansir Investor Daily, selama semester I tahun 2016, ada 22.000 lebih perusahaan di seluruh dunia yang menjadi korban penipuan lewat email, dengan kerugian mencapai sekitar US$ 3 miliar.

Dari data Trend Micro, korban penipuan email negara Ameria Serikat yang paling parah dengan korban 2.496, Inggris korban 595, Hong Kong berjumlah 226, Jepang sebanyak 218, serta Brasil 186.

Nah berikut ini cara mudah agar Anda tidak tertipu oleh para cyber crime. Email masuk yang tidak dikenal biasanya ada di spam. Isinya bisa hal-hal yang menarik bagi pemilik akun, agar akun membuka email yang dia kirim. Jika ada email seperti itu, langkah yang tepat yaitu jangan mudah percaya atau hiraukan saja bahkan jangan sekali-kali Anda membukanya, apalagi diwajibkan memasukan password.

Jika Anda penasaran ingin membuka, sebaiknya log out email, media sosial atau semacamnya terlebih dulu. Agar para penjahat dunia maya yang ingin mencuri data pribadi Anda tidak akan bisa. Dan jika perlu kontak langsung dengan pihak yang ada dalam email Anda.

Jika koneksi internet Anda menggunakan Wi-Fi atau nirkabel sebaikny hati-hati. Pasalnya, para penjahat syber ini dapat mencuri informasi dan menggiring Anda untuk masuk ke situs palsu, sehingga itu sama halnya dengan Anda telah log in di tempat umum/warnet.

Jangan pernah membalas jika ada email yang mencurigakan yang isinya meminta data pribadi lewat formulir seperti password, nomor rekening bank, PIN ATM, nomor kartu kredit, tanggal lahir Anda. Jika Anda sudah memasukkan atau mengisi data formulir namun tidak terkirim, Anda bisa jadi telah mengirimkan formulir tersebut.

Apabila Anda menemukan email mencurigakan, segera lapor email tersebut baik yahoo maupun gmail. Minta blokir user atau pengguna email itu, supaya tidak mengirim email serupa ke email Anda. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!