Ciamis Kekurangan Tenaga Kesehatan

17/11/2016 0 Comments
Ciamis Kekurangan Tenaga Kesehatan

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin mengatakan Pemkab Ciamis terus melakukan upaya pelayanan kepada masyarakat, terutama bidang kesehatan.

“Pembangunan di bidang kesehatan merupakan prioritas Pemkab Ciamis. Sebab, pelayanan terhadap masyarakat adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintah,” katanya disela-sela peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Gedung Islamic Center, Rabu (16/11/2016).

Meski upaya tersebut terus dilakukan Pemkab Ciamis, lanjut Iing, pihaknya mengakui adanya berbagai kendala yang cukup berat untuk dipecahkan, salah satunya masalah Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kesehatan, yakni tenaga perawat yang masih kurang.

“Satu sisi kita membangun sarana dan prasarana kesehatan, termasuk rumah sakit. Namun, ketersediaan tenaga kesehatan masih kurang. Hal inilah yang kita pikirkan bagaimana Dinas Kesehatan maupun RSUD tidak lagi terkendala soal SDM, terutama untuk kedepannya perencanaan bisa dimatangkan lagi,” paparnya.

Untuk menjawab itu, sambung Iing, Puskesmas yang jelas banyak kekurangan SDM dan memiliki kriteria layak perlu menggunakan konsep Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Harapannya, Puskesmas tidak akan bergantung lagi dengan anggaran maupun kebijakan yang ada.

Selain itu, Iing juga menegaskan bahwa Puskesmas yang berada di Kabupaten Ciamis sudah memiliki pelayanan rawat inap. Namun, lagi-lagi SDM yang menjadi kendala.

“Perekrutan tenaga perawat bukan kebijakan kita, tapi dari pemerintah pusat. Maka dari itu kami mengajak untuk memaksimalkan yang ada dulu untuk melayani masyarakat,” kata Iing.

Iing menambahkan, dirinya kerap mendapatkan keluhan dari kepala Puskesmas yang ada di Ciamis soal kekurangan SDM. Namun ia kembali menegaskan dengan sitem BLUD nantinya bisa menjadi solusi pelayanan masyarakat.

“Kita tidak usah berpikir soal PAD, apalagi ketika Puskesmas maupun RSUD menjadikan pelayanan kesehatan sebagai sumber PAD. Saya yakin, masyarakat Ciamis sopan-sopan dan mengetahui kondisi sebenarnya soal SDM, sehingga mereka bisa memanfaatkan fasilitas yang ada dulu,” pungkasnya. (Tantan/R6/Koran HR)            

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!