Dampak Jembatan Ciputrapinggan, Terminal Pangandaran Sepi, Pedagang Rugi

17/11/2016 0 Comments
Dampak Jembatan Ciputrapinggan, Terminal Pangandaran Sepi, Pedagang Rugi

Aktivitas di Terminal Pangandaran tampak sepi pasca jembatan Ciputrapinggan amblas dan tidak bisa dilalui kendaraan. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dampak dari jembatan Ciputrapinggan masih belum bisa dilalui, membuat aktivitas angkutan di Terminal Pangandaran sepi. Pasalnya, tidak ada satupun angkutan umum masuk ke terminal tersebut. Hal itu membuat para pedagang, baik warung, asongan dan pedagang kaki lima (PKL) yang kerap mangkal di kawasan tersebut mengeluh. Bahkan, tak sedikit pedagang asongan yang memutuskan tidak berdagang.

Wawan, pemilik warung kelontongan di Terminal Pangandaran, mengatakan, sudah hampir sebulan ini usahanya sepi pembeli. Pasalnya, omzet warungnya selalu tergantung pada keramaian manusia di kawasan terminal. “Semenjak tidak ada angkutan umum masuk terminal, ya otomatis pembelinya jadi sepi. Adapun pembeli saat ini bisa dihitung jari atau mengantungkan kepada orang yang lewat,” katanya, kepada HR Online, Kamis (17/11/2016).

Wawan menambahkan, para pedagang asongan yang berjualan di terminal biasanya membeli barang dagangannya dari warung kelontongannya. Namun, semenjak tidak ada aktivitas di terminal, membuat para pedagang asongan memutuskan tidak berjualan.

“Akibat jembatan Ciputrapinggan tidak bisa dilalui kendaraan, sangat berdampak sekali kepada usaha kami. Hampir semua warung atau toko yang berada di terminal kini sepi pembeli. Yang lebih parah lagi para PKL yang menjual makanan. Mereka mengaku selalu rugi karena barang dagangnnya tidak habis. Kalau makanan tidak habis kan harus dibuang,” ungkapnya.

Wawan berharap jembatan bailey yang saat ini tengah dikerjakan agar segera rampung. Hal itu agar akses kendaraan menuju Pangandaran bisa ramai kembali. “Karena kendaraan angkutan umum hampir semua datang dari arah Banjar. Jadi, ketika jembatan Ciputrapinggan tidak bisa dilalui, otomatis tidak angkutan umum yang masuk terminal,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Terminal Pangandaran, Dadan Hamdani, mengatakan, dari informasi yang diterimanya, jembatan Ciputrapinggan ditargetkan bisa selesai paling lama akhir bulan November ini. “Bahkan, kemarin ada informasi Minggu (20/11/2016) mendatang, pengerjaan jembatan bailey ditargetkan selesai dan bisa dilewati kendaraan,” ujarnya. (Aceng/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!