Di Hadapan Kader PKB Ciamis, Yanuar Tekankan Pentingnya Memahami Kebhinekaan

27/11/2016 0 Comments
Di Hadapan Kader PKB Ciamis, Yanuar Tekankan Pentingnya Memahami Kebhinekaan

Anggota DPR RI Dapil X dari Fraksi PKB, saat menggelar kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dengan peserta para pengurus dan kader PKB Kabupaten Ciamis, yang bertempat di Gedung Islamic Center Kecamatan Kawali, Sabtu (26/11/2016). Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Anggota DPR RI Dapil X dari Fraksi PKB, Yanuar Prihatin, bersama DPC PKB Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dengan peserta para pengurus dan kader PKB Kabupaten Ciamis, yang bertempat di Gedung Islamic Center Kecamatan Kawali, Sabtu (26/11/2016).

Usai kegiatan, kepada HR Online, Yanuar, mengatakan, selain melakukan pendidikan politik terkait pentingnya empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pada kegiatan itu pun dirinya menekankan kepada kader PKB tentang pemahaman dan arti pentingnya kebhinekaan yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

“Memberikan pendidikan politik harus diawali dari kader partai. Mereka harus memahami serta mengamalkan nilai-nilai pancasila, UUD, bhineka tunggal ika dan NKRI yang dijabarkan melalui empat pilar kebangsaan ini. Diharapkan pemahaman ini bisa disosialisasikan kembali oleh para kader partai kepada masyarakat,” ungkapnya.

Yanuar menambahkan, dirinya pada kegiatan tersebut lebih menekankan pada pemahaman arti kebhinekaan. Menurutnya, rakyat Indonesia harus menyadari dan mengakui bahwa dengan keragaman suku, agama dan budaya menjadi perekat dan pemersatu bangsa dalam bingkai NKRI.

“Dengan adanya kebhinekaan ini justru harus menjadi kekuatan dan pemersatu bangsa Indonesia dan bukan malah sebaliknya. Perbedaan harus diartikan sebagai kekuatan untuk mewujudkan bangsa yang besar, berdaulat, adil dan makmur sebagaimana yang dijabarkan dalam pancasila dan Undang-undang Dasar,” terangnya.

Yanuar juga mengatakan dalam kegiatan ini pun dibahas berbagai isu strategis dalam rangka konsolidasi di internal partai. “Kami berdiskusi dan menyamakan persepsi dengan para pengurus dan kader PKB dalam menyikapi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Artinya, PKB harus memberikan peran penting dan berkontribusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PKB Kabupaten Ciamis, Imam D Kurnia, menambahkan, kebhinekaan merupakan tonggak pemersatu bangsa yang harus dipandang sebagai bentuk kekayaan bangsa Indonesia. Dengan begitu, kata dia, apabila pemahaman itu sudah melekat pada seluruh anak bangsa, maka tidak akan terjebak pada pemikiran primodialisme.

“Pemikiran primodialisme hanya akan membawa Indonesia pada kehancuran atau disintegrasi bangsa. Makanya, PKB berkomitmen selalu setia dan menjadi garda terdepan dalam menjaga pancasila, UUD, bhineka tunggal ika dan NKRI,” tegasnya.

Imam juga mengatakan dalam kesempatan itu pun pihaknya menggelar Pendidikan Kader Pertama (PKP) dengan peserta para kader PKB Kabupaten Ciamis. (Dji/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!