Di Pangandaran, Puluhan Elemen Masyarakat Bersih-bersih Sungai Cijalu

20/11/2016 0 Comments
Di Pangandaran, Puluhan Elemen Masyarakat Bersih-bersih Sungai Cijalu

Sejumlah masyarakat tengah membersihkan Sungai Cijalu di Desa/Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Photo: Asep Kartiwa/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Puluhan elemen masyarakat di Pangandaran melakukan perawatan (ngarumat) Sungai Cijalu di  Dusun Cijalu Desa Parigi, Kecamatan Parigi, Minggu (20/11/2016).

Asep Dani, ketua pelaksana, mengatakan pihaknya menggandeng sejumlah elemen seperti TNI, Polisi, BPBD, Pemuda Panca Marga (PPM), dan OI Crisis Center BPK Pangandaran serta warga sekitar. Dalam kegiatan tersebut, peserta melakukan penyisiran terhadap area di Sungai Cijalu yang kerap menjadi tempat pembuangan sampah.

“Kita awali dari jembatan Cijalu dengan menerjunkan 50 orang yang dibagi menjadi 3 kelompok. Nantinya kita akan menyisir sepanjang 3 kilometer,” katanya kepada HR Online.

Menanggapi kegiatan tersebut, Didin, salah satu tokoh Cijalu, sangat menyambut positif aksi sosial tersebut. Sebab, setelah bencana banjir beberapa waktu lalu menimbulkan sampah, sisa-sisa pepohonan yang tumbang masih menutupi aliran sungai.

“Ini perlu dilakukan bukan hanya sekali saja. Tetapi harus menjadi kegiatan rutin demi menjaga Sungai Cijalu dari pencemaran sampah,” katanya.

Ditempat yang sama, Tata Sutari, Kepala Desa Parigi, mengatakan, pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa masuk anggaran dalam APBDes untuk menunjang kebersihan Sungai Cijalu.

“Fasilitas lainnya kami berharap bisa didukung oleh SKPD terkait seperti fasilitas pembuangan sampah. Hal ini tentu demi menjaga alam,” katanya. (Askar/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!