Dongkrak Ketersediaan Pakan Hijau, Disnakkan Ciamis Gencarkan “Gerbang Patas”

15/11/2016 1 Comment
Dongkrak Ketersediaan Pakan Hijau, Disnakkan Ciamis Gencarkan “Gerbang Patas”

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali menggencarkan Gerakan Pengembangan dan Pemanfaatan Pakan Berkualitas (Gerbang Patas). Gerakan itu dilakukan dalam rangka meningkatkan ketersediaan hijauan pakan ternak.

Kepala Bidang Produksi Disnakkan Ciamis, H. Otong Bustomi, ketika ditemui Kora HR, Senin (07/11/2016) lalu, mengatakan, Gerbang Patas akan sangat membantu para peternak dalam upaya penyediaan hijauan pakan ternak berkualitas yang berdampak langsung terhadap peningkatan produksi.

“Sampai saat ini, berdasarkan pantauan kami di lapangan, masih banyak para peternak yang dalam memberikan hijauan pakan ternaknya masih sangat tergantung kepada rumput alam dan limbah pertanian tanaman pangan (jerami padi) yang kualitasnya lebih rendah, sehingga wajarlah bila produktifitas usaha ternaknya masih rendah,” kata Otong.

Otong menjelaskan, pihaknya mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi peternak, antaralain kualitas pakan yang belum memenuhi harapan akibat teknologi pengolahan yang masih sederhana dan pasokan pakan terbatas karena ketergantungan terhadap musim.

“Hal itu juga disebabkan oleh lahan-lahan pangangonan yang diperuntukan bagi penyediaan tanaman hijauan pakan ternak sudah banyak yang berubah fungsi. Walaupun masih ada, namun pemanfaatannya kurang optimal,” ujarnya.

Pihaknya, kata Otong, sudah membuat surat himbauan kepada seluruh para peternak, agar lahan-lahan pangangonan tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal. Salah satunya dengan ditanami tanaman pakan ternak seperti pohon turi atau Lamtoro Gung.

Otong menambahkan, tanaman tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai pangan yakni bunga dan buahnya. Tidak hanya itu, pakan ternak lainnya juga seperti rumput gajah bisa ditanam di lahan kosong sepanjang pinggir sungai atau jenis rumput unggul lainnya.

“Insyaalloh tahun depan kita akan sebarkan bibit hijauan pakan ternak kepada para peternak di sentra-sentra pengembangan ternak, terutama jenis Indigofera, yang pada beberapa bulan lalu telah dilaunching oleh Gubernur Jawa Barat,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Otong berharap, setiap kelompok peternak dapat mencukupi kebutuhan pakan ternak masing-masing. Gerbang Patas juga merupakan bagian dari kegiatan Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang akan dimulai tahun 2017 mendatang.

“Dengan berkembangnya tanaman hijauan pakan berkualitas ini, diharapkan kasus-kasus gangguan reproduksi pada ternak sapi potong yang disebabkan oleh faktor pakan dapat ditekan. Serta angka kelahiran ternak sapi dapat ditingkatkan, sehingga populasi dan produksi ternak di Kabupaten Ciamis terus meningkat,” katanya. (Tantan/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply