Dongkrak Partisipasi Pemilih Pemula, KPUD Ciamis Gencar Sambangi Sekolah

04/11/2016 0 Comments
Dongkrak Partisipasi Pemilih Pemula, KPUD Ciamis Gencar Sambangi Sekolah

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciams, saat ini sedang gencar melakukan sosialisasi tentang kepemiluan ke sejumlah sekolah dan perguruan tinggi. Upaya itu dilakukan dalam rangka meningkatkan paritisipasi pemilih pemula dalam pesta demokrasi pemilihan umum.

Ketua KPUD Ciamis, Kikim Tarkim, saat dihubungi Koran HR, Selasa (01/11/2016) lalu, membenarkan, pihaknya telah mengadakan kegiatan sosialisasi kepemiluan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Menurut Kikim, sosialisasi tersebut sudah dilakukan di 16 sekolah dan satu perguruan tinggi.

“Walaupun Pilkada Kabupaten Ciamis masih lama, nanti tahun 2018, akan tetapi kita sudah mulai dari sekarang melaksanakan sosialisasi. Meski belum ada anggarannya, ini tidak menjadi halangan bagi KPU,” ujarnya.

Kikim menjelaskan, tahun 2017 mendatang KPUD Ciamis akan menyediakan rumah pintar. Rumah pintar tersebut diproyeksikan memiliki peran yang bermanfaat dalam menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi.

Nantinya, kata Kikim, rumah pintar itu bisa memberikan informasi tentang proses informasi penyelenggaraan pemilu, termasuk gambaran TPS dan juga sosialisasi dalam mencerdaskan pemilih.

“Berbicara sosialisasi, ini harus lebih gencar dan merupakan tanggung jawab bersama. Termasuk pemerintahan daerah dalam meningkatkan partisipasi dan mencerdaskan pemilih,” ucapnya.

Kikim menambahkan, KPUD juga siap bersinergi dengan Forum Komunikasi Politik Perempuan Ciamis (FORKOM PPC), dalam sosialisasi dan memberikan pendidikan politik khususnya bagi perempuan.

Kehadiran Forkom PPC, kata Kikim, sangat bagus dalam rangka meningkatkan partisipasi dan memberikan wawasan pendidikan politik pada perempuan. Tentu kehadiran Forkom PPC membantu KPU.

“Jujur kami akan terbuka dan berusaha bekerja maksimal. Keterbukaan ini merupakan hal yang sangat penting. Apalagi keterbukaan adalah merupakan elemen dari budaya dan prinsip demokrasi,” jelasnya

Elin H, salah satu guru PKn SMA, menuturkan, sosialisasi pada pemilih pemula sangat penting. Pasalnya mereka masih muda dan notabene sebagai penerus bangsa. Dia juga berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada Ciamis meningkat. (Dsw/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!