Dosen Unigal Ciamis Sepakat Tradisi Nyangku Jadi Warisan Budaya Nasional

26/11/2016 0 Comments
Dosen Unigal Ciamis Sepakat Tradisi Nyangku Jadi Warisan Budaya Nasional

Tradisi Nyangku di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Photo: net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Terkait usulan tradisi Nyangku Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis yang tengah diupayakan menjadi salah satu warisan budaya nasional,  salah satu dosen sejarah Universitas Galuh Ciamis, Yeni Wijaya, menanggapi positif langkah tersebut.

Menurutnya, langkah yang dilakukan Disdikbud Ciamis sudah tepat dan akan berdampak pada tumbuhnya kebanggaan warga, budayawan serta para pendidik Ciamis.

“Jika nanti sudah ditetapkan, nantinya tradisi tersebut akan lebih terjaga serta telindungi oleh pemerintah. Sebab, tradisi nyangku akan memiliki anggaran sendiri untuk dikembangkan. Jadi, dasar hukum untuk merawat warisan leluhur tersebut jelas,” katanya, Jum’at (25/11/2016).

Meski berada ditengah arus global, lanjut Yeni, tradisi turun temurun yang mengandung banyak cerita dan falsafah hidup tersebut justru masih eksis di masyarakat Ciamis, khususnya Kecamatan Panjalu.

“Sebagai warga tatar galuh, saya sangat bangga  bila budaya nyangku ditetapkan menjadi warisan budaya nasional. Saya yakin hal tersebut bisa mengangkat citra budaya Ciamis dan saya jelas sangat mendukungnya,” pungkasnya. (Heri/R6/Koran HR)

Berita Terkait

Disdikbud Ciamis Usulkan Tradisi Nyangku Jadi Warisan Budaya Nasional

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!